PENGISIAN
BUKU RAPOR SD
Tujuan : Peserta diklat mampu membuat laporan
hasil belajar peserta didik (rapor)
Petunjuk:
1. Kerjakan dalam kelompok yang beranggotakan 3-4
orang.
2. Diskusikan hal-hal berikut ini:
a.
Pahami
petunjuk konversi nilai menjadi skala dan predikat.
b.
Perhatikan
predikat untuk nilai sikap, pengetahuan,
dan keterampilan
c.
Hitunglah
rerata setiap KD pada masing-masing siswa, kemudian tuliskan predikatnya
d.
Buatlah deskripsi
sesuai nilai skala dan predikat ke dalam rapor.
3. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasilnya
dan ditanggapi oleh kelompok lain.
4. Refleksi kegiatan.
Panduan konversi nilai
Penilaian di
Sekolah Dasar untuk aspek pengetahuan dan keterampilan dapat menggunakan skala nilai 0 sd
100, selanjutnya dikonversi pada skala 1 - 4 dengan
menggunakan rumus sebagai berikut:
Nilai
Perolehan Siswa
Nilai Konversi = ------------------------------ X 4
100
Nilai
Kuantitatif dengan Skala 1 – 4 (berlaku kelipatan 0,33) digunakan
untuk Nilai Pengetahuan (KI 3) dan Nilai
Keterampilan (KI 4). Rentang
Nilai Kompetensi Pengetahuan sebagai berikut:
No.
|
Rentang Nilai
|
Keterangan
|
Predikat
|
1
|
0 ˂
D ≤ 1,00
|
Nilai D = lebih dari 0 dan kurang dari atau
sama dengan 1.
|
D
|
2
|
1,00 ˂ D+ ≤ 1,33
|
Nilai D+ = lebih dari 1 dan
kurang dari atau sama dengan 1,33.
|
D+
|
3
|
1,33
˂ C ≤ 1,67
|
Nilai C- = lebih dari 1,33 dan
kurang dari atau sama dengan 1,67.
|
C-
|
4
|
1,67
˂ C
≤ 2,00
|
Nilai C = lebih dari 1,67 dan kurang dari
atau sama dengan 2,00.
|
C
|
5
|
2,00 ˂ C+ ≤
2,33
|
Nilai C+ = lebih dari 2,00 dan
kurang dari atau sama dengan 2,33.
|
C+
|
6
|
2,33 ˂ B-
≤ 2,67
|
Nilai B- = lebih dari 2,33 dan
kurang dari atau sama dengan 2,67.
|
B-
|
7
|
2,67 ˂
B ≤ 3,00
|
Nilai B = lebih dari 2,67 dan kurang dari
atau sama dengan 3,00.
|
B
|
8
|
3,00 ˂ B+
≤ 3,33
|
Nilai B+ = lebih dari 3,00 dan
kurang dari atau sama dengan 3,33.
|
B+
|
9
|
3,33 ˂ A- ≤ 3,67
|
Nilai A- = lebih dari dan kurang dari 3,33 atau sama dengan 3,67.
|
A-
|
10
|
3,67
˂ A ≤
4,00
|
Nilai A = lebih dari 3,67 dan kurang dari
atau sama dengan 4,00.
|
A
|
LATIHAN 1
DATA REKAP NILAI SIKAP SPIRITUAL*)
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI / DIAMATI
|
|||||||||||||||||||
Berdoa sebelum memulai aktivitas
|
Khusuk dalam berdoa
|
Khusuk dalam Beribadah
|
Beribadah tepat waktu
|
Perilaku Bersyukur
|
|||||||||||||||||
1
|
DELLA
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
DONI
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
LOVI
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
*) Rekap nilai sikap spiritual merupakan
rerata dari 4 tema pada masing-masing aspek yang diakumulasi selama 1 semester.
Penentuan nilai berdasarkan rubrik
NILAI RAPOR SIKAP SPIRITUAL : DELLA
ASPEK YANG DINILAI
|
DESKRIPSI
|
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
Telah terbiasa berdoa sebelum aktivitas tetapi
masih perlu ditingkatkan dalam hal beribadah tepat waktu
|
NILAI
RAPOR SIKAP SPIRITUAL : DONI
ASPEK YANG DINILAI
|
DESKRIPSI
|
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
Doni dalam
setiap harinya khusuk dalam berdoa dan sudah berperilaku syukur, namun perlu
ada pendampingan dari seorang guru.sedangkan aspek yang lain perlu
ditingkatkan.
|
NILAI
RAPOR SIKAP SPIRITUAL : LOVI
ASPEK YANG DINILAI
|
DESKRIPSI
|
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
Lovi setiap
harinya sudah melaksanakan berdoa dengan khusuk, namun perlu ditingkatkan
begitu juga dengan aspek yang lain.
|
LATIHAN
2
DATA REKAP NILAI SIKAP SOSIAL**)
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI / DIAMATI
|
|||||||||||||||||||||||||||
Percaya diri
|
Disiplin
|
Santun
|
Kerjasama
|
Tertib
|
Tanggung jawab
|
Jujur
|
|||||||||||||||||||||||
1
|
DELLA
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
DONI
|
2
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
LOVI
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
**) Rekap nilai sikap sosial merupakan rerata
dari 4 tema pada masing-masing aspek yang diakumulasi selama 1 semester.
Penentuan nilai berdasarkan rubrik
NILAI RAPOR SIKAP SOSIAL : DELLA
ASPEK YANG DINILAI
|
DESKRIPSI
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
|
Della dalam
sikap percaya diri, kerjasama, tanggung jawab dan jujur sudah melaksanakan
sangat baik, namun dalam hal disiplin, santun dan tertib perlu ditingkatkan.
Doni
|
NILAI
RAPOR SIKAP SOSIAL : DONI
ASPEK YANG DINILAI
|
DESKRIPSI
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
|
|
NILAI
RAPOR SIKAP SOSIAL : LOVI
ASPEK YANG DINILAI
|
DESKRIPSI
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
|
|
LATIHAN 3
DATA REKAP NILAI PENGETAHUAN
PER TEMA
|
BAHASA INDONESIA
|
MATEMATIKA
|
PPKn
|
SBDP
|
IPA
|
IPS
|
||||||
NAMA SISWA
|
TEMA 1
|
|||||||||||
KD 3.1
|
KD 3.3
|
KD 3....
|
KD
3....
|
KD 3....
|
KD 3...
|
KD 3....
|
KD
3....
|
KD 3....
|
KD 3...
|
KD 3....
|
KD
3....
|
|
DELLA
|
70
|
85
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DONI
|
85
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LOVI
|
70
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NAMA SISWA
|
TEMA 2
|
|||||||||||
KD 3.1
|
KD 3.2
|
KD 3....
|
KD
3....
|
KD 3....
|
KD 3...
|
KD 3....
|
KD
3....
|
KD 3....
|
KD 3...
|
KD 3....
|
KD
3....
|
|
DELLA
|
80
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DONI
|
70
|
70
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LOVI
|
75
|
75
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NAMA SISWA
|
TEMA 3
|
|||||||||||
KD 3.3
|
KD 3.4
|
KD 3....
|
KD
3....
|
KD 3....
|
KD 3...
|
KD 3....
|
KD
3....
|
KD 3....
|
KD 3...
|
KD 3....
|
KD
3....
|
|
DELLA
|
70
|
85
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DONI
|
85
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LOVI
|
70
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NAMA SISWA
|
TEMA 4
|
|||||||||||
KD 3.2
|
KD 3.4
|
KD 3....
|
KD
3....
|
KD 3....
|
KD 3...
|
KD 3....
|
KD
3....
|
KD 3....
|
KD 3...
|
KD 3....
|
KD
3....
|
|
DELLA
|
70
|
85
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DONI
|
85
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LOVI
|
70
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
REKAP NILAI PENGETAHUAN
Semester
1
|
||||||||||
NO.
|
NAMA SISWA
|
RERATA NILAI UJI KOMPETENSI BI
|
NILAI UTS
|
NILAI UAS
|
RERATA
NILAI AKHIR
|
|||||
KD 3.1
|
KD 3.2
|
KD 3.3
|
KD 3.4
|
|||||||
1.
|
DELLA
|
75
|
75
|
77.5
|
85
|
|
|
78,1
|
||
2.
|
DONI
|
77,5
|
77,5
|
82,5
|
80
|
|
|
54,4
|
||
3.
|
LOVI
|
72,5
|
72,5
|
75
|
80
|
|
|
75,0
|
||
DST
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Ket :
KD : 3.1 Rk 1
Doni Rk 2 Della Rk 3 Lovi
KD : 3.2 Rk 1
Doni Rk 2 Della Rk 3 Lovi
KD : 3.3 Rk 1 Doni Rk 2 Della Rk 3 Lovi
KD : 3.4 Rk 1 Dela Rk 2 Doni , Lovi
|
||||||||||
NO.
|
NAMA SISWA
|
RERATA NILAI UJI KOMPETENSI
MATEMATIKA
|
NILAI UTS
|
NILAI UAS
|
RERATA
NILAI AKHIR
|
|
||||
KD 3.1
|
KD 3.2
|
KD 3.3
|
||||||||
1.
|
DELLA
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
DONI
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.
|
LOVI
|
|
|
|
|
|
|
|
||
**) Rekap nilai pengetahuan selama 1 semester
NILAI RAPOR PENGETAHUAN: DELLA
Kompetensi yang dinilai
|
Deskripsi
|
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual
berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
·
dirinya,
·
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
·
benda-benda lain di sekitarnya
|
Della
mahir dalam Menggali informasi
dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam sudah baik.Namun dalam Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya dan pemeliharaan
pancaindera masih
perlu bimbingan.
|
NILAI
RAPOR PENGETAHUAN: DONI
Kompetensi yang dinilai
|
Deskripsi
|
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual
berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
·
dirinya,
·
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
·
benda-benda lain di sekitarnya
|
Doni mahir
dalam Menggali informasi dari
teks wawancara dan memilah kosakata baku sudah baik. Namun dalam Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya dan pemeliharaan
pancaindera masih
perlu bimbingan
|
NILAI
RAPOR PENGETAHUAN: LOVI
Kompetensi yang dinilai
|
Deskripsi
|
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual
berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
·
dirinya,
·
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
·
benda-benda lain di sekitarnya
|
Lovi
mahir dalam Menggali informasi
dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam sudah baik.Namun dalam Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya dan pemeliharaan
pancaindera masih
perlu bimbingan.
|
LATIHAN
4
DATA REKAP NILAI KETERAMPILAN PER TEMA
TEMA 1
|
||||||||||||
NAMA SISWA
|
BAHASA INDONESIA
|
MATEMATIKA
|
PPKn
|
SBDP
|
IPA
|
IPS
|
||||||
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
|
DELLA
|
70
|
85
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DONI
|
85
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LOVI
|
70
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NAMA SISWA
|
TEMA 2
|
|||||||||||
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
|
DELLA
|
80
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DONI
|
70
|
70
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LOVI
|
75
|
75
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NAMA SISWA
|
TEMA 3
|
|||||||||||
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
|
DELLA
|
70
|
85
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DONI
|
85
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LOVI
|
70
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NAMA SISWA
|
TEMA 4
|
|||||||||||
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
KD 4....
|
|
DELLA
|
70
|
85
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DONI
|
85
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LOVI
|
70
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
REKAP NILAI KETERAMPILAN
Semester
1
|
||||||||||
NO.
|
NAMA SISWA
|
RERATA NILAI UJI KOMPETENSI Bi
|
NILAI UTS
|
NILAI UAS
|
RERATA
NILAI AKHIR
|
|||||
KD 4.1
|
KD 4.2
|
KD 4.3
|
KD 4.4
|
|||||||
1.
|
DELLA
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
DONI
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.
|
LOVI
|
|
|
|
|
|
|
|
||
DST
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
||||||||||
NO.
|
NAMA SISWA
|
RERATA NILAI UJI KOMPETENSI
MATEMATIKA
|
NILAI UTS
|
NILAI UAS
|
RERATA
NILAI AKHIR
|
|
||||
KD 4....
|
KD 4...
|
KD 4....
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
NILAI RAPOR KETERAMPILAN : DELLA
Kompetensi yang dinilai
|
Deskripsi
|
Menyajikan kemampuan mengamati,menanya, dan
mencoba dalam:
· bahasa yang jelas, logis dan sistematis
· karya yang estetis
· gerakan anak sehat
· tindakan anak beriman dan berakhlak mulia
|
|
NILAI RAPOR KETERAMPILAN: DONI
Kompetensi yang dinilai
|
Deskripsi
|
Menyajikan kemampuan mengamati,menanya, dan
mencoba dalam:
· bahasa yang jelas, logis dan sistematis
· karya yang estetis
· gerakan anak sehat
· tindakan anak beriman dan berakhlak mulia
|
|
NILAI
RAPOR KETERAMPILAN : LOVI
Kompetensi yang dinilai
|
Deskripsi
|
Menyajikan kemampuan mengamati,menanya, dan
mencoba dalam:
· bahasa yang jelas, logis dan sistematis
· karya yang estetis
· gerakan anak sehat
· tindakan anak beriman dan berakhlak mulia
|
|
Do you realize there's a 12 word sentence you can speak to your man... that will induce intense feelings of love and impulsive attractiveness for you deep inside his chest?
BalasHapusThat's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, idolize and protect you with his entire heart...
12 Words Who Trigger A Man's Desire Response
This impulse is so hardwired into a man's mind that it will drive him to try harder than ever before to do his best at looking after your relationship.
Matter-of-fact, fueling this powerful impulse is so mandatory to getting the best ever relationship with your man that as soon as you send your man one of the "Secret Signals"...
...You will immediately notice him open his heart and soul for you in such a way he never expressed before and he will perceive you as the only woman in the universe who has ever truly interested him.