Senin, 02 Desember 2013

DESAIN PENELITIAN EKSPERIMEN

DESAIN PENELITIAN EKSPERIMEN


1. Desain Satu Kelompok
a)      One-Group Posttest Design
Ø   Manipulasi : Model Pembelajaran Inklusi (Inclusion Style)
Ø            Pengukuran : keaktifan mengikuti mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga siswa kelas VII di SMPN 10 Blitar.
Ø   Rumusan Masalah :
-        Apakah Model Pembelajaran Inklusi (Inclusion Style) dapat meningkatkan keaktifan mengikuti mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga siswa kelas VII di SMPN 10 Blitar ?
Ø   Judul :
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKLUSI (INCLUSION STYLE) TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN MENGIKUTI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA SISWA KELAS VII DI SMPN 10 BLITAR
b)     One-Group Pretest-Posttest Design
Ø   Pretest : keterampilan undering bola basket siswa SDN Rembang II Blitar.
Ø   Manipulasi : Modifikasi peraturan permainan bola basket.
Ø   Posttest : keterampilan undering bola basket siswa SDN Rembang II Blitar.
Ø   Rumusan Masalah :
-        Apakah modifikasi peraturan permainan bola basket dapat meningkatkan keterampilan undering bola basket siswa SDN Rembang II Blitar ?
Ø   Judul :
PENGARUH MODIFIKASI PERATURAN PERMAINAN BOLA BASKET TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN UNDERING BOLA BASKET SISWA SDN REMBANG II BLITAR
c)      Time Series Design
Ø   Manipulasi : latihan aktivitas fisik 2 kali seminggu.
Ø                    Posttest pada 1 minggu: tes kebugaran jasmani siswa kelas XI di SMAN 4 Blitar.
Ø                    Posttest pada 2 minggu: tes kebugaran jasmani siswa kelas XI di SMAN 4 Blitar.
Ø                    Posttest pada 3 minggu: tes kebugaran jasmani siswa kelas XI di SMAN 4 Blitar.
Ø   Rumusan Masalah :
-        Apakah latihan aktivitas fisik 2 kali seminggu dapat meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas XI di SMAN 4 Blitar ?
Ø   Judul :
PENGARUH LATIHAN AKTIVITAS FISIK 2 KALI SEMINGGU TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS XI DI SMAN 4 BLITAR

2.    Desain  Dua-kelompok
a)      Static Group Design
Ø   Perlakuan : penerapan media video pembelajaran teknik dasar bola voli.
Ø                   Kelompok Eksperimen : siswa kelas X.1 absen genap di SMAN 2 Blitar yang di beri model pembelajaran dengan  media video.
Ø                Kelompok Kontrol : siswa kelas X.1 absen ganjil di SMAN 2 Blitar yang hanya disampaikan oleh guru pendidikan jasmani dan olahraga.
Ø                   Pengukuran : hasil belajar olahraga bola voli siswa kelas X di SMAN 2 Blitar.
Ø                Rumusan masalah : Apakah penerapan media video pembelajaran teknik dasar bola voli dapat meningkatkan hasil belajar olahraga bola voli siswa kelas X di SMAN 2 Blitar?
Ø                   Judul :
PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR OLAHRAGA BOLA VOLI SISWA KELAS X DI SMAN 2 BLITAR

b)     Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design
Ø   Perlakuan : model pembelajaran classical conditioning
Ø                    Kelompok Eksperimen : Siswa kelasVIII.A absen 1 - 20 di SMPN 8 Blitar yang diberi model pembelajaran classical conditioning.
Ø                Kelompok Kontrol : Siswa kelas VIII.A absen 21 - 40 di SMPN 8 Blitar yang tidak diberi model pembelajaran dari guru.
Ø                   Pretest : Keterampilan lay-up bola basket siswa kelas VIII di SMPN 8 Blitar.
Ø                  Post test : Keterampilan lay-up bola basket siswa kelas VIII di SMPN 8 Blitar.


Ø   Rumusan masalah : Apakah model pembelajaran classical conditioning
 dapat meningkatkan keterampilan lay-up bola basket siswa kelas VIII di SMPN 8 Blitar?
Ø                   Judul :
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLASSICAL CONDITIONING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN LAY-UP BOLA BASKET SISWA KELAS VIII DI SMPN 8 BLITAR

c)      Randomized Two-groups Design
Ø  Perlakuan : pemberian motivasi verbal dari guru pendidikan jasmani.
Ø                    Kelompok Eksperimen : Siswa kelas VIII.D di SMPN 7 Blitar yang diberi motivasi verbal oleh guru pendidikan jasmani.
Ø                Kelompok Kontrol : Siswa kelas VIII. C di SMPN 7 Blitar yang tidak diberi motivasi verbal oleh guru pendidikan jasmani.
Ø                  Post test : Keterampilan senam lantai siswa kelas VIII di SMPN 7 Blitar.
Ø   Rumusan masalah : Apakah pemberian motivasi verbal dari guru pendidikan jasmani
 dapat meningkatkan keterampilan senam lantai siswa kelas VIII di SMPN 7 Blitar?
Ø                   Judul :
PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI VERBAL DARI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SENAM LANTAI SISWA KELAS VIII DI SMPN 7 BLITAR












d)     Randomized Matched Two-groups Design

No.
Jarak Lompatan Lompat Jauh (dalam meter)
Jarak Lompatan yang telah diurutkan / dirangking dari yang paling besar
1
2,36
3,32
2
3,32
3,18
3
1,59
2,84
4
2,84
2,67
5
3,18
2,59
6
2,59
2,36
7
2,67
2,34
8
1,98
1,98
9
2,34
1,59
10
1,37
1,37

Kelompok 1
Kelompok 2
3,32
3,18
2,67
2,84
2,59
2,36
1,98
2,34
1,59
1,43
12,15
12,15
2,43
2,43







      Jumlah
   Rata-rata






Ø                  Perlakuan : latihan squad jump
Ø                  Rumusan Masalah : Apakah latihan squad jump dapat mempengaruhi rata-rata Jarak Lompatan Lompat Jauh kelompok 1 dan Kelompok 2 siswa kelas X di SMAN 3 Blitar?
Ø                  Judul:
PENGARUH LATIHAN SQUAD JUMP TERHADAP RATA-RATA JARAK LOMPATAN LOMPAT JAUH KELOMPOK 1 DAN KELOMPOK 2 SISWA KELAS X DI SMAN 3 BLITAR









e)      Randomized Pretest-Posttest Control Group Design
No.
Nilai Tes Tulis Ujian Tengah Semester
Nilai Tes Tulis Ujian Tengah Semster yang telah diurutkan / dirangking dari yang paling besar
1
85
92
2
78
88
3
65
85
4
92
82
5
88
78
6
74
74
7
63
73
8
71
71
9
82
65
10
73
63

Kelompok 1
Kelompok 2
92
74
88
73
85
71
82
65
78
63
425
346
85
69,2







        Jumlah
   Rata-rata





Ø                  Perlakuan : pemberian kisi-kisi materi tes tulis ujian tengah semester.
Ø               Rumusan Masalah : Apakah pemberian kisi-kisi tes tulis ujian tengah semester dapt mempengaruhi rata-rata Nilai Tes Tulis Ujian Tengah Semester kelompok 1 dan Kelompok 2 siswa kelas IX di SMPN 9 Blitar?
Ø                  Judul:

PENGARUH PEMBERIAN KISI-KISI MATERI TES TULIS UJIAN TENGAH SEMESTER TERHADAP RATA-RATA NILAI TES TULIS UJIAN TENGAH SEMESTER KELOMPOK 1 DAN KELOMPOK 2 SISWA KELAS IX DI SMPN 9 BLITAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar