DESAIN
PENELITIAN EKSPERIMEN
1. Desain Satu Kelompok
a)
One-Group Posttest Design
Ø Manipulasi : Model
Pembelajaran Inklusi (Inclusion Style)
Ø
Pengukuran : keaktifan mengikuti mata
pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga siswa kelas VII di SMPN 10 Blitar.
Ø Rumusan
Masalah :
-
Apakah Model
Pembelajaran Inklusi (Inclusion Style)
dapat meningkatkan keaktifan mengikuti mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan
Olahraga siswa kelas VII di SMPN 10 Blitar ?
Ø Judul :
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKLUSI (INCLUSION STYLE) TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN MENGIKUTI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA SISWA KELAS VII DI SMPN 10 BLITAR
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKLUSI (INCLUSION STYLE) TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN MENGIKUTI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA SISWA KELAS VII DI SMPN 10 BLITAR
b)
One-Group Pretest-Posttest Design
Ø Pretest : keterampilan
undering bola basket siswa SDN
Rembang II Blitar.
Ø Manipulasi : Modifikasi
peraturan permainan bola basket.
Ø Posttest : keterampilan
undering bola basket siswa SDN
Rembang II Blitar.
Ø Rumusan
Masalah :
-
Apakah modifikasi
peraturan permainan bola basket dapat meningkatkan keterampilan undering bola basket siswa SDN Rembang
II Blitar ?
Ø Judul :
PENGARUH MODIFIKASI PERATURAN PERMAINAN BOLA BASKET TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN UNDERING BOLA BASKET SISWA SDN REMBANG II BLITAR
PENGARUH MODIFIKASI PERATURAN PERMAINAN BOLA BASKET TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN UNDERING BOLA BASKET SISWA SDN REMBANG II BLITAR
c)
Time Series Design
Ø Manipulasi :
latihan aktivitas fisik 2 kali seminggu.
Ø
Posttest pada 1 minggu: tes kebugaran jasmani
siswa kelas XI di SMAN 4 Blitar.
Ø
Posttest pada 2 minggu: tes kebugaran jasmani
siswa kelas XI di SMAN 4 Blitar.
Ø
Posttest pada 3 minggu: tes kebugaran jasmani
siswa kelas XI di SMAN 4 Blitar.
Ø Rumusan
Masalah :
-
Apakah latihan aktivitas
fisik 2 kali seminggu dapat meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas XI di
SMAN 4 Blitar ?
Ø Judul :
PENGARUH LATIHAN AKTIVITAS FISIK 2 KALI SEMINGGU TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS XI DI SMAN 4 BLITAR
PENGARUH LATIHAN AKTIVITAS FISIK 2 KALI SEMINGGU TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS XI DI SMAN 4 BLITAR
2.
Desain Dua-kelompok
a)
Static Group Design
Ø Perlakuan : penerapan
media video pembelajaran teknik dasar bola voli.
Ø
Kelompok Eksperimen : siswa kelas X.1 absen
genap di SMAN 2 Blitar yang di beri model pembelajaran dengan media video.
Ø
Kelompok Kontrol : siswa kelas X.1 absen
ganjil di SMAN 2 Blitar yang hanya disampaikan oleh guru pendidikan jasmani dan
olahraga.
Ø
Pengukuran : hasil belajar olahraga bola voli
siswa kelas X di SMAN 2 Blitar.
Ø
Rumusan masalah : Apakah penerapan media video
pembelajaran teknik dasar bola voli dapat meningkatkan hasil belajar olahraga
bola voli siswa kelas X di SMAN 2 Blitar?
Ø
Judul :
PENGARUH
PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI TERHADAP PENINGKATAN
HASIL BELAJAR OLAHRAGA BOLA VOLI SISWA KELAS X DI SMAN 2 BLITAR
b)
Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design
Ø Perlakuan : model
pembelajaran classical conditioning
Ø
Kelompok Eksperimen : Siswa kelasVIII.A absen
1 - 20 di SMPN 8 Blitar yang diberi model pembelajaran classical conditioning.
Ø
Kelompok Kontrol : Siswa kelas VIII.A absen 21
- 40 di SMPN 8 Blitar yang tidak diberi model pembelajaran dari guru.
Ø
Pretest : Keterampilan lay-up bola basket
siswa kelas VIII di SMPN 8 Blitar.
Ø
Post test : Keterampilan
lay-up bola basket siswa kelas VIII di SMPN 8 Blitar.
Ø Rumusan
masalah : Apakah model pembelajaran classical conditioning
dapat meningkatkan keterampilan lay-up bola
basket siswa kelas VIII di SMPN 8 Blitar?
Ø
Judul :
PENGARUH
MODEL PEMBELAJARAN CLASSICAL CONDITIONING TERHADAP
PENINGKATAN KETERAMPILAN LAY-UP BOLA BASKET SISWA KELAS VIII DI SMPN 8 BLITAR
c)
Randomized Two-groups Design
Ø Perlakuan : pemberian motivasi verbal dari guru
pendidikan jasmani.
Ø
Kelompok Eksperimen : Siswa kelas VIII.D di
SMPN 7 Blitar yang diberi motivasi verbal oleh guru pendidikan jasmani.
Ø
Kelompok Kontrol : Siswa kelas VIII. C di SMPN
7 Blitar yang tidak diberi motivasi verbal oleh guru pendidikan jasmani.
Ø
Post test :
Keterampilan senam lantai siswa kelas VIII di SMPN 7 Blitar.
Ø Rumusan
masalah : Apakah pemberian motivasi verbal dari guru pendidikan jasmani
dapat meningkatkan keterampilan senam lantai
siswa kelas VIII di SMPN 7 Blitar?
Ø
Judul :
PENGARUH
PEMBERIAN MOTIVASI VERBAL DARI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP PENINGKATAN
KETERAMPILAN SENAM LANTAI SISWA KELAS VIII DI SMPN 7 BLITAR
d)
Randomized Matched Two-groups Design
No.
|
Jarak Lompatan Lompat Jauh (dalam
meter)
|
Jarak Lompatan yang telah diurutkan /
dirangking dari yang paling besar
|
1
|
2,36
|
3,32
|
2
|
3,32
|
3,18
|
3
|
1,59
|
2,84
|
4
|
2,84
|
2,67
|
5
|
3,18
|
2,59
|
6
|
2,59
|
2,36
|
7
|
2,67
|
2,34
|
8
|
1,98
|
1,98
|
9
|
2,34
|
1,59
|
10
|
1,37
|
1,37
|
Kelompok 1
|
Kelompok 2
|
3,32
|
3,18
|
2,67
|
2,84
|
2,59
|
2,36
|
1,98
|
2,34
|
1,59
|
1,43
|
12,15
|
12,15
|
2,43
|
2,43
|
Jumlah
Rata-rata
Ø
Perlakuan :
latihan squad jump
Ø
Rumusan Masalah
: Apakah latihan squad jump dapat mempengaruhi
rata-rata Jarak Lompatan Lompat Jauh kelompok 1 dan Kelompok 2 siswa kelas X di
SMAN 3 Blitar?
Ø
Judul:
PENGARUH LATIHAN SQUAD JUMP TERHADAP RATA-RATA JARAK LOMPATAN LOMPAT JAUH KELOMPOK 1
DAN KELOMPOK 2 SISWA KELAS X DI SMAN 3 BLITAR
e)
Randomized Pretest-Posttest Control Group Design
No.
|
Nilai Tes Tulis Ujian Tengah Semester
|
Nilai Tes Tulis Ujian Tengah Semster yang
telah diurutkan / dirangking dari yang paling besar
|
1
|
85
|
92
|
2
|
78
|
88
|
3
|
65
|
85
|
4
|
92
|
82
|
5
|
88
|
78
|
6
|
74
|
74
|
7
|
63
|
73
|
8
|
71
|
71
|
9
|
82
|
65
|
10
|
73
|
63
|
Kelompok 1
|
Kelompok 2
|
92
|
74
|
88
|
73
|
85
|
71
|
82
|
65
|
78
|
63
|
425
|
346
|
85
|
69,2
|
Jumlah
Rata-rata
Ø
Perlakuan : pemberian
kisi-kisi materi tes tulis ujian tengah semester.
Ø
Rumusan Masalah
: Apakah pemberian kisi-kisi tes tulis ujian tengah semester dapt mempengaruhi
rata-rata Nilai Tes Tulis Ujian Tengah Semester kelompok 1 dan Kelompok 2 siswa
kelas IX di SMPN 9 Blitar?
Ø
Judul:
PENGARUH PEMBERIAN KISI-KISI MATERI TES
TULIS UJIAN TENGAH SEMESTER TERHADAP RATA-RATA NILAI TES TULIS UJIAN TENGAH
SEMESTER KELOMPOK 1 DAN KELOMPOK 2 SISWA KELAS IX DI SMPN 9 BLITAR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar