RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP/MTs : SMP Negeri 2 Blitar
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII (delapan)/Genap
Tahun Ajaran : 2012/2013
Pertemuan ke- : 8 (1x pertemuan)
Alokasi Waktu :
80 menit (2 x 40 menit)
Standart Kompetensi : 9.
Mempraktikkan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi Dasar : 9.1
Mempraktikkan rangkaian teknik dasar gerak meroda dan guling depan serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab
Materi
Pembelajaran : Teknik dasar gerak guling depan (front roll)
Indikator
:
Ø Psikomotor
:
1. Melakukan sikap berdiri tegak pada sikap awal.
2. Merapatkan kedua kaki pada sikap awal
3. Memandang lurus ke depan pada sikap awal
4. Meluruskan kedua lengan ke atas membentuk
huruf “V” pada sikap awal
5. Menumpukan
kedua telapak tangan dan kedua kaki diatas matras dengan sudut kurang dari 60˚ dengan
titik berat badan di depan
6. Mengangkat
kedua tumit atau jinjit setelah bertumpu
7. Menekuk leher/menundukkan kepala hingga dagu
menempel ke dada
8. Meletakkan
tengkuk diatas matras dengan perlahan
9. Melakukan gerakan berguling ke depan dengan
cara menggelindingkan punggung, disertai
ayunan lengan dari atas ke bawah depan
10. Melecutkan kedua kaki hingga tumit merapat
dengan pantat saat berguling pada gerakan guling depan dengan kaki tekuk
11. Melecutkan kedua kaki lurus ,rapat, dan
runcing saat berguling pada gerakan guling depan dengan kaki lurus
12. Mengayun kedua lengan dari atas sampai lurus ke depan hingga badan seimbang pada
posisi jongkok saat berguling pada
gerakan guling depan dengan kaki tekuk
13. Meletakkan kedua telapak
kaki di atas matras setelah
berguling pada gerakan guling depan dengan kaki tekuk
14. Meletakkan kedua tumit rapat dan ujung kaki meruncing di atas matras setelah berguling pada gerakan
guling depan dengan kaki lurus
15. Meletakkan kedua telapak tangan di samping
badan dengan telapak tangan menghadap ke dalam pada gerakan guling depan dengan
kaki tekuk
16. Meletakkan kedua telapak tangan di samping
badan pada matras sambil mengangkat pantat dengan meluruskan kedua tangan pada gerakan
guling depan dengan kaki lurus
17. Melakukan sikap berdiri tegak pada sikap akhir
18. Merapatkan kedua kaki pada sikap akhir
19. Memandang lurus ke depan pada sikap akhir
20. Meluruskan kedua lengan ke bawah
membentuk huruf “V” pada sikap akhir
Ø Afektif
:
1. Disiplin
saat pembelajaran guling ke depan (front
roll)
2. Berani saat
pembelajaran guling ke depan (front roll)
3. Bertanggung jawab saat pembelajaran guling ke
depan (front roll)
Ø Kognitif
:
1. Menyebutkan cara berdiri tegak pada sikap awal
2. Menyebutkan posisi kedua kaki pada sikap awal
3. Menyebutkan arah pandangan mata pada sikap
awal
4. Menyebutkan cara meluruskan kedua lengan ke
atas pada sikap awal
5. Menyebutkan cara menumpukan kedua telapak tangan dan kedua kaki
diatas matras
6. Menyebutkan cara mengangkat kedua
tumit atau jinjit setelah bertumpu
7. Menyebutkan cara menekuk leher/menundukkan
kepala
8. Menyebutkan cara meletakkan tengkuk diatas matras dengan perlahan
9. Menyebutkan cara melakukan gerakan berguling
ke depan dengan cara menggelindingkan
punggung, disertai ayunan lengan
10. Menyebutkan cara melecutkan kedua kaki hingga
tumit merapat dengan pantat saat berguling pada gerakan
guling depan dengan kaki tekuk
11. Menyebutkan cara melecutkan kedua kaki lurus saat berguling
pada gerakan guling depan dengan kaki lurus
12. Menyebutkan cara mengayun kedua lengan dari
atas sampai lurus kedepan hingga badan
seimbang pada posisi jongkok saat
berguling pada gerakan guling depan dengan kaki tekuk
13. Menyebutkan cara meletakkan kedua telapak
kaki di atas matras setelah
berguling pada gerakan guling depan dengan kaki tekuk
14. Menyebutkan cara meletakkan kedua tumit dan ujung kaki
di atas matras setelah berguling pada gerakan guling depan dengan kaki
lurus
15. Menyebutkan cara meletakkan kedua telapak
tangan di samping badan pada gerakan guling depan dengan kaki tekuk
16. Menyebutkan cara meletakkan kedua telapak
tangan di samping badan pada matras sambil mengangkat pantat pada gerakan
guling depan dengan kaki lurus
17. Menyebutkan cara berdiri tegak pada sikap
akhir
18. Menyebutkan posisi kedua kaki pada sikap akhir
19. Menyebutkan arah pandangan mata pada sikap
akhir
20. Menyebutkan cara meluruskan kedua lengan ke
bawah pada sikap akhir
Tujuan Pembelajaran :
Ø Psikomotor
:
1. Siswa dapat melakukan sikap berdiri tegak pada
sikap awal.
2. Siswa dapat merapatkan kedua kaki pada sikap
awal
3. Siswa dapat memandang lurus ke depan pada
sikap awal
4. Siswa dapat meluruskan kedua lengan ke atas
membentuk huruf “V” pada sikap awal
5. Siswa dapat menumpukan kedua telapak tangan dan kedua kaki diatas matras dengan sudut kurang dari 60˚ dengan
titik berat badan di depan
6. Siswa dapat mengangkat kedua
tumit atau jinjit setelah bertumpu
7. Siswa dapat menekuk leher/menundukkan kepala
hingga dagu menempel ke dada
8. Siswa dapat meletakkan tengkuk diatas matras dengan perlahan
9. Siswa dapat melakukan gerakan berguling ke
depan dengan cara menggelindingkan
punggung, disertai ayunan lengan dari atas ke bawah depan
10. Siswa dapat melecutkan kedua kaki hingga
tumit merapat dengan pantat saat berguling pada gerakan
guling depan dengan kaki tekuk
11. Siswa dapat melecutkan kedua kaki lurus ,rapat,
dan runcing saat berguling pada gerakan guling depan dengan kaki lurus
12. Siswa dapat mengayun kedua lengan dari atas
sampai lurus kedepan hingga badan
seimbang pada posisi jongkok saat
berguling pada gerakan guling depan dengan kaki tekuk
13. Siswa dapat meletakkan kedua telapak
kaki di atas matras setelah
berguling pada gerakan guling depan dengan kaki tekuk
14. Siswa dapat meletakkan kedua tumit rapat dan ujung kaki meruncing di atas matras setelah berguling pada gerakan
guling depan dengan kaki lurus
15. Siswa dapat meletakkan kedua telapak tangan di
samping badan dengan telapak tangan menghadap ke dalam pada gerakan guling
depan dengan kaki tekuk
16. Siswa dapat meletakkan kedua telapak tangan di
samping badan pada matras sambil mengangkat pantat dengan meluruskan kedua
tangan pada gerakan guling depan dengan kaki lurus
17. Siswa dapat melakukan sikap berdiri tegak pada
sikap akhir
18. Siswa dapat merapatkan kedua kaki pada sikap akhir
19. Siswa dapat memandang lurus ke depan pada
sikap akhir
20. Siswa dapat meluruskan kedua lengan ke bawah
membentuk huruf “v” pada sikap akhir
Ø Afektif
:
1. Siswa disiplin
saat pembelajaran guling ke depan (front
roll)
2. Siswa berani saat pembelajaran
guling ke depan (front roll)
3. Siswa bertanggung jawab saat pembelajaran guling
ke depan (front roll)
Ø Kognitif
:
1. Siswa dapat menyebutkan cara berdiri tegak
pada sikap awal
2. Siswa dapat menyebutkan posisi kedua kaki pada
sikap awal
3. Siswa dapat menyebutkan arah pandangan mata
pada sikap awal
4. Siswa dapat menyebutkan cara meluruskan kedua lengan
ke atas pada sikap awal
5. Siswa dapat menyebutkan cara menumpukan kedua telapak tangan dan kedua kaki
diatas matras
6. Siswa dapat menyebutkan cara mengangkat kedua
tumit atau jinjit setelah bertumpu
7. Siswa dapat menyebutkan cara menekuk
leher/menundukkan kepala
8. Siswa dapat menyebutkan cara meletakkan tengkuk diatas matras dengan perlahan
9. Siswa dapat menyebutkan cara malakukan gerakan
berguling ke depan dengan cara menggelindingkan
punggung, disertai ayunan lengan
10. Siswa dapat menyebutkan cara melecutkan kedua
kaki hingga tumit merapat dengan pantat saat berguling pada gerakan
guling depan dengan kaki tekuk
11. Siswa dapat menyebutkan cara melecutkan kedua kaki lurus saat berguling
pada gerakan guling depan dengan kaki lurus
12. Siswa dapat menyebutkan cara mengayun kedua lengan
dari atas sampai lurus kedepan hingga
badan seimbang pada posisi jongkok saat
berguling pada gerakan guling depan dengan kaki tekuk
13. Siswa dapat menyebutkan cara meletakkan
kedua telapak kaki
di atas matras setelah berguling pada gerakan guling depan dengan kaki
tekuk
14. Siswa dapat menyebutkan cara meletakkan
kedua tumit dan ujung kaki di atas matras setelah berguling pada gerakan
guling depan dengan kaki lurus
15. Siswa dapat menyebutkan cara meletakkan kedua
telapak tangan di samping badan pada gerakan guling depan dengan kaki tekuk
16. Siswa dapat menyebutkan cara meletakkan kedua
telapak tangan di samping badan pada matras sambil mengangkat pantat pada gerakan
guling depan dengan kaki lurus
17. Siswa dapat menyebutkan cara berdiri tegak
pada sikap akhir
18. Siswa dapat menyebutkan posisi kedua kaki pada
sikap akhir
19. Siswa dapat menyebutkan arah pandangan mata
pada sikap akhir
20. Siswa dapat menyebutkan cara meluruskan kedua
lengan ke bawah pada sikap akhir
Metode Pembelajaran :
· The
command style,
· CTL, dan
· Practice
style
Sumber Belajar :
§ BSE SMP Kelas 8
§ Buku teks
§ Buku Referensi: Syarifudin, Ayip. 2007. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas VII. Jakarta: Grasindo.
§ Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
SMP/MTs
Langkah-langkah
/ Skenario Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
KETERANGAN/GAMBAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
||||||||||||||||||
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
|
10 MENIT
|
||||||||||||||||||
1.
Siswa berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi, memberikan
motivasi kepada siswa serta menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
Pengajar /
Guru
Peserta didik
|
|
||||||||||||||||||
2.
Stretching
2.1. Kepala
menunduk dengan kedua tangan menekan bagian belakang kepala ke bawah.
|
|
Gaya Komando
|
||||||||||||||||||
2.2. Kepala
menengadah dengan kedua tangan mendorong dagu ke atas.
|
|
|
||||||||||||||||||
2.3. Kepala
menoleh ke samping kanan, telapak tangan menekan dagu bagian kiri, kemudian
tahan dan sebaliknya ke kiri.
|
|
|
||||||||||||||||||
2.4. Leher mematah ke kanan dengan tarikan jari tangan kanan
pada pelipis kiri, dan kemudian sebaliknya ke kiri.
|
|
|
||||||||||||||||||
2.5. Lengan kanan menyilang lurus ke kiri di depan
dada, tangan kiri menekan siku kanan di depan dada hingga terasa tarikan pada
otot bahu kanan, dan sebaliknya lengan kiri.
|
|
|
||||||||||||||||||
2.6. Lengan kanan ditekuk di belakang kepala, tangan
kiri menarik siku tangan kanan ke
bawah hingga terasa tarikan pada otot bahu kanan, dan sebaliknya.
|
|
|
||||||||||||||||||
2.7. Berdiri tegak, kedua kaki dirapatkan, kedua
tangan dikaitkan dan ditarik lurus ke atas dengan kedua kaki jinjit.
|
|
|
||||||||||||||||||
2.8. Berdiri tegak dengan kaki kangkang, badan
dibongkokkan dengan togok tetap lurus, tangan dijulurkan lurus ke depan
dengan jari tangan saling mengait.
|
|
|
||||||||||||||||||
2.9. Badan membongkok, kedua kaki kangkang dan
lurus, kedua tangan saling mengait, kedua lengan dijulurkan lurus jauh ke
bawah belakang masuk di antara kedua
kaki, dan tangan didorong ke arah dalam.
|
|
|
||||||||||||||||||
2.10.
Badan membongkok, kedua
kaki dirapatkan, kedua tangan dikaitkan jarinya, dengan kedua lengan lurus ke
bawah menyentuh lantai.
|
|
|
||||||||||||||||||
2.11.
Berdiri tegak, kaki
kanan diangkat dan ditekuk, kedua tangan menekan lutut kaki kanan hingga
menempel di depan dada, dan sebaliknya.
|
|
|
||||||||||||||||||
2.12.
Berdiri tegak, kaki
kanan ditekuk ke belakang, tangan kanan menahan pergelangan kaki kanan hingga
menempel ke pantat, dan sebaliknya.
|
|
|
||||||||||||||||||
2.13.
Berdiri tegak, salah
satu kaki diangkat dan ditekuk seperti posisi bersila di depan badan kedua
tangan memegang pergelangan / mata kaki kiri, selanjutnya pergelangan kaki
kiri di tarik ke atas, dan sebaliknya.
|
|
|
||||||||||||||||||
2.14.
Berdiri tegak dengan
kaki kangkang, kedua lutut ditekuk, kedua telapak tangan bertolakan di atas
lutut dengan lengan tetap lurus. Bahu kiri ditekan ke samping kanan bawah
sedangkan lengan kiri rileks, dan sebaliknya.
|
|
|
||||||||||||||||||
2.15.
Dengan sikap kangkang
lebar dengan kuda-kuda kaki kanan kedepan sedangkan kaki kiri lurus ke
belakang, badan di tekan ke bawah sedangkan tangan kanan bertelekan pada paha
kanan bagian bawah (di atas lutut), dan sebaliknya.
|
|
|
||||||||||||||||||
B. INTI
|
|
50 MENIT
|
||||||||||||||||||
1)
Siswa berpasangan dua orang,
laki-laki dengan laki-laki dan perempuan dengan perempuan untuk diperkenalkan
dengan gerakan awal pada guling depan.
1. Gerakan
awal siswa membungkuk dengan kedua kaki rapat dan usahakan tangan
menyentuh lantai sambil diawasi oleh pasangannya.
2. Selanjutnya siswa jongkok dengan
memeluk kedua lutut dan dagu menempel pada lutut sehingga menyerupai bola .
Sedangkan pasangannya memegang kepala dan punggung untuk menjaga
keseimbangnya.
3. Dengan posisi tubuh sama seperti sebelumnya
siswa pasangannya memegang tengkuk dan ujung kaki kemudian secara perlahan
menggulingkan ke belakang dan ke depan sampai dengan posisi jongkok kembali
|
|
10 MENIT
|
||||||||||||||||||
2)
Siswa diperkenalkan dengan latihan
gerakan guling depan dengan kaki tekuk.
1.
Posisi awal: sikap penghormatan
awal dan sikap persiapan dengan kedua tangan ke atas.
2.
Pelaksanaan: telapak tangan
diletakkan pada matras dengan jarak yang menyesuaikan, kepala dimasukkan
diantara kedua tangan, badan direndahkan, kemudian dengan tengkuk sebagai
tumpuan mengguling ke depan dengan kedua kaki di tekuk.
3.
Sikap akhir: posisi jongkok dengan
kedua tangan disamping, kemudian berdiri dengan sikap akhiran kedua tangan diangkat
ke atas dan sikap penghormatan akhir.
Siswa secara bergantian melakukan gerakan guling depan dan teman yang lain sebagai pengamat dan
mengkoreksi.
|
|
20 MENIT
|
||||||||||||||||||
3)
Siswa diperkenalkan dengan latihan
gerakan guling depan dengan kedua kaki lurus.
1.
Posisi awal: sikap penghormatan
awal dan sikap persiapan dengan kedua tangan ke atas.
2.
Pelaksanaan: telapak tangan
diletakkan pada matras dengan jarak yang menyesuaikan, kepala dimasukkan
diantara kedua tangan, badan direndahkan, kemudian dengan tengkuk sebagai
tumpuan mengguling ke depan dengan kedua kaki lurus dan ujung kaki meruncing.
3.
Posisi akhir: duduk dengan kaki
selunjur dan kedua tangan disemping paha, kemudian berusaha mengangkat pantat
dan meletakan pantat kembali, selanjutnya salah satu kaki ditekuk dan
selajutnya berdiri dengan posisi kaki depan belakang, kaki belakang menutup
dan diakhiri dengan sikap akhiran kedua tangan di atas dan sikap penghormatan
akhir.
Siswa secara bergantian melakukan gerakan
guling depan dengan kaki lurus dengan teman yang lain sebagai pengamat dan
mengkoreksi.
|
|
20 MENIT
|
||||||||||||||||||
C.
PENUTUP
|
|
20 MENIT
|
||||||||||||||||||
1) Evaluasi
Evaluasi pembelajaran yang telah
dilaksanakan :
·
Tes gerakan dasar guling depan dengan
berbagi variasinya.
Evaluasi pembelajaran gerakan dasar guling
depan dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kompetensi siswa
terhadap materi pokok yang telah diajarkan.
|
guru
siswa
|
10 MENIT
|
||||||||||||||||||
2) Penenangan
Penenangan dilakukan dengan bernyanyi,
yaitu:
·
Satu orang pergi, pergi potong lalang. Satu
orang sama kambing pergi, pergi potong lalang
·
Satu orang pergi, pergi potong lalang. Dua
satu orang sama kambing pergi, pergi potong lalang
·
Satu orang pergi, pergi potong lalang. Tiga
dua satu orang sama kambing pergi, pergi potong lalang
·
Satu orang pergi, pergi potong lalang. Empat
tiga dua satu orang sama kambing pergi, pergi potong lalang
·
Satu orang pergi, pergi potong lalang. Lima
empat tiga dua satu orang sama kambing pergi, pergi potong lalang
·
Satu orang pergi, pergi potong lalang. Enam
lima empat tiga dua satu orang sama kambing pergi, pergi potong lalang
·
Satu orang pergi, pergi potong lalang. Tujuh
enam lima empat tiga dua satu orang sama kambing pergi, pergi potong lalang
·
Satu orang pergi, pergi potong lalang.
Delapan tujuh enam lima empat tiga dua satu orang sama kambing pergi, pergi
potong lalang
|
guru
siswa
|
5 MENIT
|
||||||||||||||||||
3)
Siswa dibariskan, berdoa dan membubarkan
diri. Sisa waktu dipergunakan untuk ganti pakaian dan persiapan untuk
pelajaran selanjutnya.
|
Pengajar /
Guru
Peserta didik
|
5 MENIT
|
RUBRIK
PENILAIAN
Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Sekolah : SMP
Negeri 2 Blitar
Kompetensi Dasar : Mempraktikkan
rangkaian teknik dasar gerak meroda dan guling depan serta nilai disiplin,
keberanian dan tanggung jawab
Materi Pokok : Teknik dasar
gerak guling depan (front roll)
PSIKOMOTOR
NO
|
|
SIKAP AWAL
Melakukan sikap berdiri tegak pada sikap awal.
|
Merapatkan kedua kaki pada sikap awal
|
Memandang lurus ke depan pada sikap awal
|
Meluruskan
kedua lengan ke atas membentuk huruf
“V” pada sikap awal
|
SAAT MELAKUKAN
Menumpukan kedua telapak tangan dan kedua kaki
diatas matras dengan sudut kurang dari
60˚ dengan titik berat badan di depan
|
Mengangkat
kedua tumit atau jinjit setelah
bertumpu
|
Menekuk leher/menundukkan kepala hingga dagu menempel ke
dada
|
Meletakkan tengkuk
diatas matras dengan perlahan
|
Melakukan gerakan berguling ke depan dengan cara
menggelindingkan punggung, disertai
ayunan lengan dari atas ke bawah depan
|
Melecutkan
kedua kaki hingga tumit merapat dengan pantat saat berguling pada gerakan
guling depan dengan kaki tekuk
|
Melecutkan
kedua kaki lurus ,rapat, dan runcing saat berguling pada gerakan guling depan
dengan kaki lurus
|
Mengayun
kedua lengan dari atas sampai lurus
kedepan hingga badan seimbang pada posisi
jongkok saat berguling pada gerakan guling depan dengan kaki tekuk
|
Meletakkan kedua telapak
kaki di atas matras setelah
berguling pada gerakan guling depan dengan kaki tekuk
|
Meletakkan kedua tumit rapat dan ujung kaki meruncing di atas matras setelah berguling pada
gerakan guling depan dengan kaki lurus
|
Meletakkan kedua telapak
tangan di samping badan dengan telapak tangan menghadap ke dalam pada gerakan
guling depan dengan kaki tekuk
|
Meletakkan kedua telapak
tangan di samping badan pada matras sambil mengangkat pantat dengan
meluruskan kedua tangan pada gerakan guling depan dengan kaki lurus
|
SIKAP AKHIR
Melakukan
sikap berdiri tegak pada sikap akhir
|
Merapatkan
kedua kaki pada sikap akhir
|
Memandang
lurus ke depan pada sikap akhir
|
Meluruskan
kedua lengan ke bawah membentuk
huruf “V” pada sikap akhir
|
Keterangan
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
||||
1
|
Andrianto
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Melani
|
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Blitar, . . . , . . .
. . . . . . 2012
Kepala Sekolah Guru
Penjas
Iman Kukuh Pribadi
RUBRIK PENILAIAN
Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Sekolah : SMP
Negeri 2 Blitar
Kompetensi Dasar : Mempraktikkan
rangkaian teknik dasar gerak meroda dan guling depan serta nilai disiplin,
keberanian dan tanggung jawab
Materi Pokok : Teknik dasar
gerak guling depan (front roll)
AFEKTIF
NO.
|
Indikator
Nama Siswa
|
Disiplin Saat
Guling ke depan
|
Semangat saat guling ke depan
|
Tanggung
Jawab Saat Guling ke depan
|
Keberanian
Saat Guling ke depan
|
Percaya Diri Saat Guling ke depan
|
kerjasama Saat Guling ke depan
|
Ket.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
1
|
Andrianto
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
2
|
Melani
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Blitar, . . . , . . .
. . . . . . 2012
Kepala Sekolah Guru
Penjas
Iman Kukuh Pribadi
RUBRIK PENILAIAN
Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Sekolah : SMP
Negeri 2 Blitar
Kompetensi Dasar : Mempraktikkan
rangkaian teknik dasar gerak meroda dan guling depan serta nilai disiplin,
keberanian dan tanggung jawab
Materi Pokok : Teknik dasar
gerak guling depan (front roll)
KOGNITIF
NO
|
|
SIKAP AWAL
Melakukan sikap berdiri tegak pada sikap awal.
|
Merapatkan kedua kaki pada sikap awal
|
Memandang lurus ke depan pada sikap awal
|
Meluruskan
kedua lengan ke atas membentuk huruf
“V” pada sikap awal
|
SAAT MELAKUKAN
Menumpukan kedua telapak tangan dan kedua kaki
diatas matras dengan sudut kurang dari
60˚ dengan titik berat badan di depan
|
Mengangkat
kedua tumit atau jinjit setelah
bertumpu
|
Menekuk leher/menundukkan kepala hingga dagu menempel ke
dada
|
Meletakkan tengkuk
diatas matras dengan perlahan
|
Melakukan gerakan berguling ke depan dengan cara
menggelindingkan punggung, disertai
ayunan lengan dari atas ke bawah depan
|
Melecutkan
kedua kaki hingga tumit merapat dengan pantat saat berguling pada gerakan
guling depan dengan kaki tekuk
|
Melecutkan
kedua kaki lurus ,rapat, dan runcing saat berguling pada gerakan guling depan
dengan kaki lurus
|
Mengayun
kedua lengan dari atas sampai lurus
kedepan hingga badan seimbang pada posisi
jongkok saat berguling pada gerakan guling depan dengan kaki tekuk
|
Meletakkan kedua telapak
kaki di atas matras setelah
berguling pada gerakan guling depan dengan kaki tekuk
|
Meletakkan kedua tumit rapat dan ujung kaki meruncing di atas matras setelah berguling pada
gerakan guling depan dengan kaki lurus
|
Meletakkan kedua telapak
tangan di samping badan dengan telapak tangan menghadap ke dalam pada gerakan
guling depan dengan kaki tekuk
|
Meletakkan kedua telapak
tangan di samping badan pada matras sambil mengangkat pantat dengan
meluruskan kedua tangan pada gerakan guling depan dengan kaki lurus
|
SIKAP AKHIR
Melakukan
sikap berdiri tegak pada sikap akhir
|
Merapatkan
kedua kaki pada sikap akhir
|
Memandang
lurus ke depan pada sikap akhir
|
Meluruskan
kedua lengan ke bawah membentuk
huruf “V” pada sikap akhir
|
Keterangan
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
||||
1
|
Andrianto
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Melani
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Blitar, . . . , . . .
. . . . . . 2012
Kepala Sekolah Guru
Penjas
Iman Kukuh Pribadi
Instrumen Penilaian Konitif materi Teknik dasar gerak guling depan (front roll)
Pertanyaan:
1.
Bagaimanakah posisi berdiri pada
sikap awal?
2.
Bagaimanakah posisi kedua kaki pada
sikap awal?
3.
Bagaimanakah pandangan pada sikap
awal?
4.
Bagaimanakah posisi kedua lengan
pada sikap awal?
5.
Bagaimanakah posisi kedua telapak
tangan pada saat menumpu?
6.
Berapakah sudut yang harus dibentuk
saat titik berat badan berada pada bagian depan?
7.
Bagaimanakah posisi tumit pada saat
melakukan?
8.
Bagaimanakah posisi kepala pada saat
melakukan?
9.
Bagaimanakah posisi tengkuk pada
saat melakukan?
10. Jelaskan posisi tubuh berguling ke depan?
11. Bagaimanakah posisi kaki pada saat berguling dengan kaki
ditekuk?
12. Bagaimanakah posisi kaki pada saat berguling dengan kaki
lurus?
13. Bagaimanakah
posisi telapak kaki setelah berguling dengan kaki tekuk?
14. Bagaimanakah
posisi telapak kaki setelah berguling dengan kaki lurus?
15. Bagaimanakah
posisi kedua tangan saat jongkok pada gerakan guling depan dengan kaki tekuk?
16. Bagaimanakah
posisi kedua tangan saat duduk selunjur pada gerakan guling depan kaki lurus?
17. Bagaimanakah posisi tubuh pada sikap akhir?
18. Bagaimanakah posisi kaki pada sikap akhir?
19. Bagaimanakah pandangan pada sikap akhir?
20. Bagaimanakah posisi tangan pada sikap akhir?
Mengetahui, Blitar, . . . , . . .
. . . . . . 2012
Kepala Sekolah Guru Penjas
Iman Kukuh Pribadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar