Senin, 02 Desember 2013

Taktik Dan Strategi Bermain Sepakbola

Taktik Dan Strategi Bermain Sepakbola

Sepakbola adalah olahraga dalam bentuk permainan. Ada 2 tim yang saling berhadapan dengan masing-masing 11 pemain. Untuk dapat mengalahkan lawan dibutuhkan seorang pelatih yang menjadi pengatur taktik, strategi dan formasi pemain. Peran pelatih sangat sentral dalam hal ini, bagaimana dia memilih formasi pemain, membuat taktik dan strategi untuk bisa mengalahkan lawan.

TAKTIK DAN STRATEGI BERMAIN SEPAKBOLA
Taktik adalah suatu siasat atau akal yang dirancang dan akan dilaksanakan dalam permainan oleh perorangan, kelompok, maupun tim untuk memenangkan suatu pertandingan secara sportif. Pada hakikatnya, penggunaan taktik dalam sepakbola adalah suatu usaha mengembangkan kemampuan berpikir, kreativitas, serta improvisasi untuk menentukan altenatif terbaik memecahkan masalah yang di hadapi dalam suatu pertandingan secara efektif, efesien, dan produktif dalam rangka memperoleh hasil yang maksimal yaitu sebuah kemenangan dalam pertandingan.
Strategi adalah suatu siasat atau akal yang dirancang sebelum pertandingan berlangsung dan digunakan oleh pemain maupun pelatih untuk memenangkan pertandingan yang dilaksanakan secara sportif dan sehat. Strategi mengacu pada gerakan-gerakan yang dibutuhkan dalam pertandingan. Kedudukan strategi dalam olahraga memiliki makna sebagai pendukung aspek taktik olahraga. Dengan demikian, antara taktik dan strategi memiliki perbedaan, akan tetapi dalam pelaksanaannya keduanya saling berkaitan serta mendukung untukmencapai tujuan yang sama, yaitu memenangkan pertandingan.

Taktik dapalam aplikasinya, secara garis besar dapat dikelompokkan sbb :
1. Taktik Penyerangan.
Taktik penyerangan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorongan, kelompok,maupun tim terhadap lawan dengan tujuan memimpin dan mematahkan pertahanan dalam rangka memenangkan pertandingan secara sportif.
Taktik penyerangan dapat dibedakan menjadi :
a Taktik mencari tempat kosong diantara pemain lawan.
b Taktik melakukan gerakan tersusun, baik yang membawa bola maupun tidak (memanfaatkan lebar lapangan).
c Taktik bermain ketat (jeli melihat peluang).
2. Taktik Pertahanan.
Taktik pertahanan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan,kelompok, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan menahan serangan lawan agar tidak mengalami kekalahan atau kelelahan dalam pertandingan.
Taktik pertahanan dapat dibedakan menjadi :
a Man to man defence, setiap pemain membayangi satu lawan (satu lawan satu).
b Zone defence, setiap pemain bertanggung jawab atas daerah pertahanannya.
c Kombinasi, yaitu taktik man to man defence dan zone defence.
3. Taktik Perorangan
Taktik perorangan diartikan sebagai siasat yang dilakukan oleh seorang pemain dalam menggunakan kemampuan fisik, teknik, dan mental yang dilakukan dengan proses yang cepat untuk menghadapi masalah yang terjadi dalam suatu pertandingan.
4. Grup Taktik
Grup taktik diartikan suatu siasat yang dijalankan dua orang pemain atau lebih dalam melakukan pertahanan dan penyerangan untukmencari kemenangan secara sportif pada suatu pertandinagan.
5. Kolektif Taktik
Kolektif taktik diartikan suatu siasat yangdijalankan oleh suatu regu dalam menjalin kerjasama untuk mencari kemenangan dalam suatu pertandinagan.

Cara Menentukan Taktik.
Dalam menentukan taktik perlu memperhatikan hal-hal seperti berikut:
1. Apa yang bisa dilakukan pemain saat bertanding.
2. Pelatih harus mengetahui atau pahambenar akan kemampuan para pemainnya sendiri dan pemain calon lawan.
3. Pemberian tugas kepada pemainnya dalam menghadapi kesebelasan calon lawan harus diuji coba dalam latihan.
4. Harus mengetahui terlebih dahulu taktik yang biasa digunakan oleh calon lawan.
5. Memperhatikan situasi penonton dan kondisi lapangan. 

Taktik dalam permainan sepak bola sangat dipengaruhi oleh dasar-dasar bermain sepak bola, antara lain sebagai berikut:
1. Teknik atau keterampilan bermain (skill)
Bagaimanapun sederhananya taktik yang dilakukan, tidak mungkin dapat dilkerjakan tanpa penguasaan teknik atau keterampilan yang baik. Artinya teknik dasar bermain bola harus dapat dikuasai dengan baik.
2. Kondisi fisik atau kesegaran jasmani
Taktik harus di dasari dengan kondisi fisik yang baik, yaitu tentang dasar-dasar atletik, daya tahan, kekuatan, kecepatan, kelincahan. Tanpa adanya hal tersebut taktik yang diterapkan tidak akan dapat berjalan secara optimal.
3. Kecerdasan, daya ingat dan mental yang baik
Untuk dapat menjalankan taktik secara baik pemain harus ditunjang dengan kecerdasan, daya ingat untuk berpikir cepat dalam permainan, disamping mental yang kuat untuk tidak takut terhadap terror pemain lawan maupun penonton.
4. Pemain mengerti peraturan permainan
Supaya pemain dapat melaksanakan permainan dengan baik dan sportif maka setiap pemain harus mengerti dan menguasai peraturan permainan.

FORMASI DALAM BERMAIN SEPAKBOLA
Formasi (system) dalam permainan sepak bola yang ditetapkan pada peratuaran sepakbola adalah cara penempatan, ruang gerak serta pembagian tugas dari setiap pemain dengan posisi yang di tempatinya. Hal tersebut berlaku baik pada saat melakukan penyerangan maupun pada waktu melaksanakan pertahanan. Dengan system ini, setiap pemain telah mengetahui tugas utamanya, daerah atau ruang gerak masimg-masimg, memahami apa yang harus dilakukan pada saat menyerang atau bertahan dan kemana harus bergerak.
Dengan formasi, maka pola penyerangan dan pertahanan akan terkoordinir dengan rapi dan kerjasama akan jauh lebih terarah. Setiap formasi mempunyai ciri-ciri dan menuntut kualitas atau tingkat kemampuan pemain yang berbeda-beda. Bahkan setiap posisi pemain dalam system tertentu memerlukan kualitas pemain yang tidak sama.

Beberapa contoh formasi yang biasa dilakukan dalam permainan sepak bola :
1. 3 – 5 – 2 : 3 pemain belakang, 5 pemain tengah, dan 2 pemain depan.
2. 4 – 3 – 3 : 4 pemain belakang, 3 pemain tengah, dan 3 pemain depan.
3. 4 – 4 – 2 : 4 pemain belakang, 4 pemain tengah, dan 2 pemain depan
4. 4 – 5 – 1 : 4 pemain belakang, 5 pemain tengah, dan 1 pemain depan.
5. 4 – 2 – 4 : 4 pemain belakang, 2 pemain tengah, dan 4 pemain penyerang.
6. 4 – 2 – 3 - 1 : 4 pemain belakang, 2 pemain tengah, 3 pemain gelandang serang dan 1 penyerang.
7. 4 – 2 – 1 - 3 : 4 pemain belakang, 2 pemain tengah, 1 playmaker dan 3  penyerang.
8. 3 – 4 – 1 - 2 : 3 pemain belakang, 4 pemain tengah, 1 playmaker dan 2 penyerang.
9. 3 – 4 – 2 - 1 : 3 pemain belakang, 4 pemain tengah, 2 penyerang lubang dan 1 penyerang tunggal.
10. dst...

* Taktik dan strategi

Masing-masing pelatih memiliki taktik sendiri-sendiri dalam menghadapi pertandingan sepak bola. Ada pelatih yang senang menggunakan taktik menyerang secara frontal, ada juga pelatih yang menginginkan timnya bermain aman, dan bertahan, dengan sekali-kali melakukan serangan balik.
Serangan yang dilakukan oleh sebuah tim juga bermacam-macam. Ada tim yang mengandalkan serangan langsung melalui bagian tengah lapangan, ada tim yang menyerang dengan melakukan umpan-umpan pendek dan cepat dengan sesekali mengirim umpan panjang, ada juga yang memanfaatkan lebar lapangan untuk melakukan penyerangan, dan ada juga tim yang langsung mengirim bola dari belakang ke depan, tanpa melalui pemain tengah. Sistim permainan menyerang yang cukup terkenal adalah “total football” yang diperagakan oleh tim Belanda, serta “kick and rush” yang banyak digunakan oleh tim-tim dari daratan Inggris.
Dalam bertahan, setiap tim juga memiliki pola permainan tersendiri. Pelatih dapat menginstruksikan pemain bertahan untuk melakukan penjagaan daerahnya, untuk mengawal pemain lawan yang memasuki wilayah pertahanannya. Selain penjagaan wilayah, seorang pemain bertahan juga dapat diminta untuk menjaga satu orang pemain lawan yang dianggap berbahaya (biasanya penyerang). Hal ini akan menghambat pergerakan pemain tersebut, sehingga tidak leluasa untuk menciptakan peluang. Selain itu ada lagi sistim pertahanan dalam sepak bola yang cukup efektif, namun perlu koordinasi yang baik. Sistim yang dimaksud adalah perangkap offside. Perangkap offside ini memerlukan koordinasi yang baik antar pemain bertahan supaya dapat berfungsi dengan baik. Banyak kejadian dimana penyerang lawan terperangkap offside pada saat menerima umpan dari rekannya. Namun tidak sedikit pula perangkap offside yang gagal karena kurangnya koordinasi antar pemain belakang. Jika hal ini terjadi, maka sangat besar kemungkinan tim lawan akan mencetak gol, karena pemain tersebut hanya tinggal berhadapan dengan penjaga gawang.
Selain menentukan sistim permainan yang akan diterapkan oleh timnya, seorang pelatih juga akan menunjuk beberapa pemain untuk tugas-tugas khusus. Pelatih akan menunjuk seorang pemainnya untuk berperan sebagai kapten tim. Pemain yang ditunjuk sebagai kapten biasanya pemain yang cukup berpengalaman dan mempunyai pengaruh yang besar pada rekan-rekannya.
Selain menunjuk seorang pemain sebagai kapten, pelatih juga akan menentukan siapa pemain yang akan mengambil tendangan bebas langsung, tendangan sudut, dan algojo pinalti. Pemain yang ditunjuk untuk melakukan tendangan bebas langsung haruslah pemain yang memiliki akurasi dan kekuatan tendangan yang cukup baik. Banyak gol yang tercipta dari tendangan bebas langsung ini, yang dilakukan oleh pemain dengan akurasi tendangan yang baik. Untuk pengambil tendangan sudut, pelatih akan menunjuk pemain yang memiliki akurasi operan sangat baik, karena peluang terjadinya gol dari tendangan sudut juga cukup tinggi, terlebih jika tim tersebut memiliki penyerang dengan tinggi ideal dan kemampuan menyambut bola atas dengan baik.
Setiap pemain dapat mencetak gol dari titik pinalti. Namun pada saat melakukan tendangan dari titik sebelas meter ini, mental pemain sangat berperan. Karena itu pelatih akan menunjuk pemain yang memiliki teknik dan akurasi tendangan yang baik, serta mental yang kuat sebagai pemain yang menjadi algojo titik pinalti.








Disamping keterampilan yang baik yang dimiliki para pemain tim, semuanya tidak akan berarti banyak jika tidak didukung dengan taktik dan strategi yang handal. Oleh karena itu, semua pemain dalam sebuah tim harus memahami strategi dan taktik yang telah ditetapkan. Jika tidak, tim sepakbola tidak akan 'menyatu'. Setiap pemain akan bermain secara independen tanpa kerjasama dan koordinasi. Berikut adalah beberapa hal penting tentang strategi dan taktik sepak bola bermain.

1. ketika tim kita menyerang, jangan lupa pertahanan. Sebuah tim yang kuat adalah tim yang hanya bagus dalam serangan itu. Lebih dari itu, kemampuan bertahan sama pentingnya dengan kemampuan untuk menyerang.

2. ketika tim kita kehilangan bola, maka tim kita harus beralih dari 'serangan' untuk 'bertahan hidup'. Secara umum, jika tim kita bertahan maka harus posisi para pemain saling berdekatan satu sama lain untuk membentuk pertahanan yang masif. Adapun jika kita menyerang maka tim harus posisi pemain berjauhan untuk menciptakan ruang-ruang lebar dan untuk menceraiberaikan pertahanan lawan.

3. ketika tim kita bertahan (kehilangan bola), lebih baik jika kita membayangi lawan kita dengan berdiri di belakang mereka saat mereka akan menuju ke arah kami dan sehingga ia tidak bisa melarikan diri dari kendali kita karena kita bisa terus melihatnya.

4. Serangan dapat dilakukan dengan dua cara: 1. serangan langsung (serangan langsung): dilakukan dengan berusaha untuk menjaga bola secepat mungkin bisa memasuki daerah lawan Pertahanan, yaitu dengan banyak umpan balik terhadap front.2. Serangan langsung (serangan tidak langsung) akan berlangsung lebih lambat karena kita akan menggunakan umpan-umpan ke samping dan belakang sambil mencari celah kerentanan. Jika pemain tim kita kurang terampil dan kurang mahir dalam umpan-umpan, sebisa mungkin kita selalu menyerang secara langsung.

5. Jika tim Anda ingin membangun serangan dari belakang (berarti bola dari belakang akan ditransfer ke tengah baru pertama kemudian ke depan) maka tim Anda harus memiliki pemain yang cukup terampil kembali (jika tidak, lawan akan mudah mampu mencuri bola dari pemain belakang tim Anda) dan juga gelandang bisa mengatasi pemain lawan.

6. berdasarkan bagaimana umpan-umpan balik dilakukan, ada dua gaya bermain: 1. Gaya Master bola (gaya kepemilikan): dilakukan dengan melakukan umpan-umpan balik pendek dari kaki ke kaki. Yang perlu diperhatikan ketika menggunakan gaya ini bermain adalah untuk tidak lupa bahwa tujuan utama bermain adalah mencetak gol. Jangan hanya menyenangkan untuk melakukan banyak umpan-umpan pendek tetapi melupakan tujuan utama dari permainan. 2. Gaya bola panjang (panjang lewat gaya). Apakah mungkin untuk menggabungkan dua gaya bermain. Contohnya adalah Ajax Amsterdam sering menggunakan gaya di sepertiga tengah lapangan kepemilikan diikuti dengan tiba-tiba melakukan umpan panjang ke kotak penalti. Tentu saja, harus ada penyerang yang siap menyambut bola panjang dan mengeksekusinya.

7. Jika tim Anda bermain dengan bola panjang (pemain sering memberikan beberapa lama langsung ke pemain), cobalah untuk menjaga tim Anda melakukan umpan-umpan pendek di daerah pertahanan. Jika tidak, tim Anda akan kesulitan untuk melakukan finishing.

8. Jika Pertahanan menentang cenderung maju, sangat baik jika tim kita sering melakukan serangan balik quickly.But jika Pertahanan menentang cenderung tetap di belakang dan menjaga kedalaman, sangat baik jika kita menyerang dengan umpan pendek-umpan balik.

9. Serangan itu melibatkan dua atau tiga penyerang: 1) pertama, penyerang penyerang membawa bola, 2) kedua, penyerang dan penyerang ketiga) 3. Penyerang kedua dan ketiga harus berjalan ke depan sekitar tiga langkah lebih jauh lagi daripada penyerang pertama untuk menghindari offside.

10. Ketika tim Anda untuk menyerang bagian belakang pemain juga harus mendorong ke depan sehingga dapat men-download serangan dukungan dan melakukan tekanan terhadap bola, dan membuat lawan mudah terperangkap offside. Tapi ada kesepakatan: pemain yang harus memiliki kecepatan yang baik dan stamina. Lebih aman jika tim Anda memiliki seorang penyapu.

11. Ketika tim Anda menyerang dan memasuki daerah lawan, lebih baik untuk memanfaatkan lebar lapangan karena hal ini akan membuat penyebaran pertahanan lawan dan tersebar, kesenjangan yang dihasilkan untuk menembus pertahanan mereka.
12. Jika pemain tim Anda mahir dalam menguasai bola, harap dicatat bahwa di lapangan biasanya terbentuk dua daerah: daerah padat dan kosong. Pancinglah para pemain lawan untuk membentuk daerah padat dan meninggalkan area kosong di lapangan lain. Kemudian, dengan cara yang keras, pindahkanlah bola ke daerah diantisipasi dan dari sana membuat lawan Manchester.

13. agar tim Anda dapat melakukan serangan kembali, pastikan bahwa ketika tim pembela Anda ditekan, masih ada satu atau dua penyerang tim Anda yang tetap di tengah lapangan atau bahkan lebih ke depan lagi, tergantung pada lawan pertahanan.

14. Ketika bola dikuasai oleh lawan di sekitar wajah kita, kita harus melakukan tekanan terhadap bola sehingga serangan mereka bisa kita istirahat atau setidaknya kita tarik. Adapun ketika lawan menguasai bola di daerah pertahanan mereka, kita juga harus melakukan tekanan terhadap bola sehingga kita dapat menangkap dan menguasai bola untuk kemudian mencetak gol. Jika pemain depan tim kami selalu berusaha untuk mencuri bola dikontrol oleh pemain belakang lawan. Jika itu berhasil dilakukan, peluang mencetak gol cukup besar.


15. dalam permainan, tim kita harus menentukan formasi lakukan. Kita menentukan formasi tertentu untuk memastikan adanya dukungan, kedalaman, lebar, dan cakupan bidang baik dalam serangan atau pertahanan. Setiap pemain harus bertanggung jawab atas posisi atau areanya. Setiap pemain harus memainkan posisinya dengan baik dan kepercayaan teman-temannya untuk bermain positions.

14 komentar:

  1. ===> BONUS SETIAP SABTU & MINGGU <===

    DONACOPOKER merupakan situs judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan resmi dalam menyediakan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan yang merupakan situs Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para player dari seluruh kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di agen poker online.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    artikel poker

    Ayo main sekarang di DonacoPoker.net

    BalasHapus
  2. BONUS 10% EVERY DAY

    Peserta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg sediakan jasa pelayanan bagi awal akun permainan judi atau taruhan online buat kamu di perizinan judi online yang berderajat International, jadi dan terpercaya hanya di zeusbola.biz.

    Yang Merupakan Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man pada beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.

    main judi deposit pakai pulsa

    Daftar sekarang di Zeusbola.biz

    BalasHapus
  3. Ingin mencari Situs Bandar Judi Online yang Terpercaya sekaligus Terhebat?
    Udah tidak perlu Anda ragukan lagi, Join saja dengan ZEUSBOLA, Situs Judin Online Terprecaya dan Terhebat !!
    Raih kemenangan Anda hingga jutaan rupiah setiap harinya bersama kami.
    Hanya dengan modal Rp. 25.000,- (DEPO VIA PULSA) Rp 50.000,- (DEPO VIA ATM / OVO / GOPAY) Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupaih.
    Jadi, Tunggu apalagi? Segera Daftarkan diri Anda dengan ZEUSBOLA.

    ZEUSBOLA juga menyediakan berbagai BONUS MENARIK seperti :
    - BONUS NEW MEMBER 15%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 10%
    - BONUS CASHBACK 15% + ROLLINGAN 0.6%
    - BONUS FREECHIP EXTRA !!

    Untuk infomasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami melalui :
    - Whatsapp : 081333555996
    - LiveChat : http://www.bolazeus.com

    Link Alternatif :
    http://www.bolazeus.com

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    BalasHapus
  4. PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan bandar master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Zeusbola.

    Sbg Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man guna beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.

    https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
    link alternatif zeusbola

    Ayo main sekarang di dewazeus.site

    BalasHapus
  5. Winning303
    Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

    Dapatkan Kemudahan Dengan Deposit Via Pulsa..Bermain Tanpa Ribet...
    Proses Cepat dan Aman...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: 087785425244

    BalasHapus
  6. Permainan Poker Online dari tahun ke tahun terus mengalami perubahan karena peminatnya yang termasuk banyak. Untuk menikmati game judi online ini, saat ini kamu dapat memainkannya melalui smartphone android atau ios milikmu.

    Poker Ayam Juga Selalu Memberikan Informasi Freebet, Freechip, Koin Gratis Permainan Games Poker Uang Asli, Texas Holdem, Bandar Ceme Keliling, Capsa Susun, Domino QQ, Kiu-Kiu, Kyu-Kyu Online, Games Khusus Samgong Online, Blackjack 21, dan Live Poker Online Serta Casino Wars Terpercaya di Indonesia.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * https://pokerayam.club/agen-poker-online-deposit-bank-mandiri-24-jam/
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  7. Dapatkan Penghasilan Tambahan Disini..
    Donaco Poker.. Agen Terpercaya dan Teraman..
    Kemenangan besar bisa di dapatkan...

    Cukup Deposit 10rb anda bisa dapatkan semuanya...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  8. Winning303

    Mudah Menang !!! Banyak Promo Menarik ..

    Tersedia banyak permainan Menarik :
    Sports
    Slot
    Live casino
    Sabung ayam
    Togel

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    Link Terbaru kami : www.winning303.pw

    BalasHapus
  9. Situs Togel Bonus Terbanyak MUSEUMTOTO Deposit Pulsa – Menjadi pemain judi Togel di salah satu Situs Togel deposit Pulsa terpercaya adalah keharusan. Karena saat ini, MUSEUMTOTO sudah beredar secara resmi di internet.

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 500.

    Agen Togel Online
    Agen Togel
    Situs Togel Online
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sidney
    Agen Toto Macau
    useumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Museum Bola
    Museum Poker
    Museum Ayam
    Museum Toto

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 20%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 10.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 500

    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 10.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : Jumat.000
    • 2D : 5.000

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 3 ( KLIK DISINI )

    SITUS TOGEL PULSA ONLINE MUSEUMTOTO TANPA POTONGAN TERBAIK DI INDONESIA

    SITUS TOGEL BONUS TERBANYAK MUSEUMTOTO DEPOSIT PULSA

    BalasHapus
  10. AGENS128 Situs Judi Online Terpopuler di Indonesia
    Nikmati Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan XL dan TELKOMSEL
    Minimal Deposit Pulsa Tanpa Potongan = Rp 50.000,-

    daftar bisa langsung ke:
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  11. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Link Alternatif MuseumPoker

    Freechip natal & tahun baru

    BalasHapus
  12. SITUS SLOT, CASINO & SABUNG AYAM 2021 TERPERCAYA PROMO DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Banyak jackpot Menanti Anda !
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    Bonus Harian 10%
    Minimal Dp 10Rb
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

    • PULSA ( Telkomsel , XL / Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    BalasHapus
  13. Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !! ZEUSBOLA SOLUSINYA!!!
    [url=https://zeusbola.mypixieset.com/daftar/][Daftar Slot Pulsa Tanpa Potongan][/url]
    Menyediakan Permainan SLOT Terbaik Yang Memberikan kemenangan Yang Lebih Tinggi
    Kami Juga menyediakan Banyak Permaianan Hanya Dengan 1 ID
    Deposit Pulsa Dari 10RB
    Buruan Join Dan Rasakan Kemenangannya
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
    ☎️ Link Whatsapp : https://zeusbo.la/whatsapp

    BalasHapus