Senin, 02 Desember 2013

PROGRAM KERJA KKN

PENGOPTIMALAN FUNGSI UKS DI SDN 02 DESA CODO KECAMATAN WAJAK KABUPATEN MALANG
A.      Analisis Konteks Kegiatan
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program yang perlu dilakukan mahasiswa dalam rangka turut memberikan solusi dalam persoalan-persoalan masyarakat yang melibatkan peran serta warga setempat. KKN merupakan wujud dari pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mengembangan kepribadian (personality development), pembenahan masyarakat (community development) dan pembenahan kelembagaan (institution development) dengan harapan memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat yang dibina.
KKN memiliki makna yang cukup penting bagi mahasiswa. Selain sebagai aplikasi luhur perguruan tinggi dalam melakukan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pengamalan ilmu dan pengetahuan, KKN juga merupakan aktivitas transformasi sosial budaya sebagai upaya pengoptimalan potensi sumber daya lokal yang merupakan aset nasional yang sangat berharga. Disamping itu dalam pelaksanaanya juga mengoptimalkan potensi-potensi sekolah yang ada di lokasi KKN.
Penyelenggaraan pendidikan dalam hal ini sekolah memiliki potensi-potensi yang perlu dioptimakan. Demikian pula potensi-potensi yang sudah ada di sekolah yang belum terlaksana dengan baik sehingga perlu dihidupkan kembali dan dioptimalkan keberadaannya. Sekolah yang perlu dioptimalkan potensi-potensinya adalah sekolah yang berada disekitar lokasi KKN. Potensi-potensi yang dimaksud merupakan potensi diberbagai bidang termasuk bidang kesehatan. Salah satu potensi dalam bidang kesehatan yang dapat dioptimalkan adalah UKS (Usaha Kesehatan Sekolah).
UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup sehat anak usia sekolah yang berada di sekolah dan perguruan agama. Menurut UU RI no. 23 tahun 1992 tentang kesehatan Bab V bagian ketiga belas pasal 45 ayat 1 : Kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan ketidakmampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal menjadi sumber daya yang lebih berkualitas. Melihat pentingnya UKS diatas  perlu adanya suatu tindakan untuk mengoptimalkan keberadaan UKS sehingga mampu menjadi sarana kesehatan yang tepat bagi warga sekolah. Dalam hal ini UKS yang perlu dioptimalkan keberadaannya adalah UKS yang berada di SDN Codo 02 di desa Codo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.
Berdasarkan observasi awal Sarana kesehatan dalam hal ini UKS di Desa Codo yang dalam hal ini dikhususkan di SDN Codo 02 terasa kurang teroptimalkan sebagaimana mestinya. Hal yang paling terlihat mencolok adalah dengan tidak layaknya ruangan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) yang seharusnya menjadi poin penting diseluruh sekolah sebagai sarana kesehatan bagi siswa. UKS yang seharusnya dijaga justru terlihat kurang terawat dikarenakan ketiadaan anggota yang bersedia piket di UKS mereka. Selain itu kurangnya pengetahuan siswa tentang kesehatan dan UKS menjadi penyebab tidak terawatnya UKS yang ada di sekolah tersebut. Untuk itu mahasiswa peserta KKN UM semester pendek 2012/2013 kelompok Desa Codo kecamatan Wajak Kabupaten Malang menyusun program kerja yang bisa mengatasi permasalahan tersebut diatas.
 Mahasiswa peserta KKN UM semester pendek 2012/2013 kelompok Desa Codo kecamatan Wajak Kabupaten Malang bermaksud untuk menyusun program kerja untuk mengaktifkan kembali UKS di SDN Codo 02.  Hal tersebut merupakan wujud tanggung jawab mahasiswa sebagai  agent of change untuk memperbaiki kualitas khususnya dibidang kesehatan siswa. Oleh karena itu, mahasiswa peserta KKN UM semester pendek 2012/2013 kelompok Desa Codo kecamatan Wajak Kabupaten Malang akan mengadakan “Pengoptimalan fungsi UKS di SDN Codo 02 Kecamatan Wajak Kabupaten Malang”.

B.   Tujuan dan Sasaran Program KKN
a.        Tujuan Umum
1.    Realisasi program KKN sebagai sarana pengabdian kepada mayarakat
2.    Tempat dalam mempraktekkan dan mengaplikasikan seluruh pengetahuan yang pada saat perkuliahan
3.    Meningkatkan kesadaran akan pentingnya sarana kesehatan di SDN 02 Kecamatan Wajak Kabupaten Malang.
b.        Tujuan Khusus
1.    Dalam pertemuan ke-4 diharapkan dapat terbentuk anggota UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) yang terdiri dari minimal 10 siswa untuk mendapat pelatihan tentang kesehatan dan menjalankan UKS.

C.  Sasaran Program KKN
Sasaran dari kegiatan KKN program berbasis masyarakat di Desa Codo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang adalah siswa-siswi di SDN Codo 02 Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

D.  Lokasi Kegiatan Program KKN
Lokasi kegiatan dan pelaksanaan program berada di SDN 02 Codo 02 Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.



E.  Strategi Pelaksanaan Program KKN
Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:
1.        Pelatihan Dokter Kecil melalui pemberian materi tentang kesehatan dan pertolongan pertama serta pemilihan kader dokter kecil dilaksanakan tanggal 14 dan 15 Juni 2013 dengan penanggungjawab Iman Kukuh Pribadi
2.        Pengaturan Administrasi UKS melalui pembentukan organisasi pengurus dan jadwal piket dilaksanakan tanggal 17 Juni 2013 dengan penanggungjawab Muhammad Dwi Yanto Putro
3.        Pelengkapan obat-obatan UKS dan pelatihan tentang fungsi obat-obatan serta ditutup dengan acara gosok gigi bersama dilaksanakan tanggal 18 dan 19 Juni 2013 dengan penanggungjawab Novita Qurrotu A’Yun

F.   Organisasi Pelaksanaan Kegiatan
Pelindung                          : Ketua LP2M Universitas Negeri Malang
                                        Drs. Hendri Purwito, M.Si
Pembina Teknis                 : Dosen Pembina Lapangan
                                                    Drs. Afwan Hariri, M.Si
Ketua Pelaksana                : Novita Qurrotu A’yun
Sekretaris Pelaksana          : Iman Kukuh Pribadi
                                             Muhammad Dwi Yanto Putro
Anggota                             : Hengky Triwijaya
Ruth Rosalia Nababan
Retno Palupi
Yuswanti Dwi Cahyani
Tri Prasetyawan                               
M. Resa Anggra Kusuma
G.      Sumber Dana
Pemasukan
            Tim KKN                                            : Rp. 120.000,00
            Sponsor                                               : Rp. 200.000,00
                                                                          Rp. 320.000,00
Pengeluaran
            First box                                              : Rp.    31.800,00
            Betadine                                              : Rp.      8.000,00
            Kapas                                                  : Rp.      6.600,00
            Minyak kayu putih                              : Rp.      9.000,00
            Balsem                                                            : Rp.      4.000,00
            Verban Nasaco rol                              : Rp.      8.500,00
            Hansaplast rol                                     : Rp.      2.500,00
            Rivanol                                                : Rp.      7.000,00
            Poster Kesehatan                                : Rp.      4.000,00
            Sikat gigi @Rp. 3.000,- x 100            : Rp.   200.000,00
                                                                          Rp.   303.900,00
Saldo
            Pemasukan                                          : Rp.    320.000,00
            Pengeluaran                                         : Rp.    303.900,00
                                                                          Rp.      16.100,00



H.      Hasil yang Diharapkan
Terciptanya ruangan UKS yang nyaman bagi warga sekolah dan siwa-siswi yang piawai dalam hal perawatan kesehatan secara sederhana serta terjaganya keberadaan UKS dengan kesadaran dari warga sekolah
I.         Jadwal Kegiatan
Terlampir

J.        Penutup
Demikian proposal Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Semester Pendek 2012/2013  Universitas Negeri Malang di Desa Codo Kecamatan Wajak Kabupaten Malang sebagai acuan kami dalam melakukan kegiatan. Besar harapan kami kepada semua pihak untuk dapat memberikan bantuan dan kerja sama untuk menyukseskan acara ini. Atas perhatian, bantuan, serta kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.








              Malang, 30 Mei 2013
Ketua Pelaksana,                                                    Sekretaris Pelaksana,                                    


Novita Qurrotu A’yun                                         Iman Kukuh Pribadi

NIM. 100151400139                                           NIM. 100611407016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar