Senin, 02 Desember 2013

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN GAYA MENGAJAR MOSSTON A - E

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
GAYA MENGAJAR MOSSTON A - E

A. GAYA MENGAJAR KOMANDO (A)
v  Kelebihan gaya Komando Adalah :
1)      Keseragaman gerak
2)      Jika dilakukan oleh banyak orang dapat membuat suasana indah dan menyenangkan
3)      Mengembangkan perilaku disiplin
4)      Menghasilkan tingkat kegiatan yang tinggi
5)      Bila waktu yang tersedia pendek gaya komando memberikan hasil kesegaran jasmani dan perkembangan motorik daripada gaya yang lain.
6)      Untuk keberhasilannya, tidak memerlukan pengetahuan yang mendalam.
7)      Guru dapat mengontrol proses belajar sehinga tidak ada kemungkinan timbul sesuatu yang tidak di harapkan sesuai dengan gagasan siswa.
v Kekurangan Gaya Komando Adalah :
1)      Kurang mengembangkan penalaran
2)      Kurang mengembangkan pembentukan sifat
3)      Tidak demokratis
4)      Penyaluran aspek sosial, emosional, dan kognitif sangat terbatas
5)      Tidak peka terhadap keperluan dan perbedaan perorangan.
6)      Menghambat perkembangan kreativitas dan individualitas.
7)      Tidak membangkitkan gairah untuk berlatih di luar jam pelajaran.

B. GAYA MENGAJAR LATIHAN (B)
v  Kelebihan
1)      Guru dapat memberikan umpan balik secara individual
2)      Dapat mengembangkan rasa tanggung jawab
3)      Memungkinkan penggunaan alat pengajaran secara lebih efisien.
4)      Kegagalan dan keberhasilan seorang siswa tidak akan diketahui seluruh kelas.
5)      Dapat membentuk kebiasaan dan menambah ketepatan dan kecepatan pelaksanaan.
6)      Guru lebih mudah mengontrol dan membedakan mana peserta didik yang disiplin dalam belajarnya dan mana yang kurang dengan memperhatikan tindakan dan perbuatan peserta didik saat berlangsungnya pengajaran

v Kekurangan
1)      Kurang mengembangkan kreatifitas
2)      Tugas yang kurang jelas dan terlalu panjang dapat menimbulkan lupa
3)      Bagi sebagian anak dapat menghindari dari tugas yang sebenarnya
4)      Siswa dapat menyembunyikan dirinya, atau mengasingkan diri dari kelompok dan gurunya.

C. GAYA MENGAJAR RESIPROKAL (C)
v Kelebihan
1)      Dapat mengembangkan cara kerja dalam tim kecil. Sehingga aspek sosialnya berkembang.
2)      Meningkatkan proses belajar mengajar dengan cara mengamati secara sistematik gerakan atau pokok bahasan dari teman.
3)      Siswa dapat dengan segera mengetahui dan memahami kekurangan, kekeliruan dan kesalahan perbuatannya ataupun ketepatan penampilannya.
v Kekurangan
1)      Sering menimbulkan situasi yang emosional antar pelaku dan pengamat yang disebabkan pengamat terlalu berlebihan dalam menyampaikan informasi yang bersangkutan. Perilaku yang berlebihan  antara alain menyampaikan dengan nada mengejek, menghakimi, dan serba tahu.
2)      Pada umumnya pelaku tidak tahan terhadap kritik siswa pengamat sehubungan dengan hasil belajar yang pemah dilakukan sebelumnya. Siswa pelaku tidak mau terima hasil pengamatan temannya. Situasi ini sering menimbulkan ketegangan anatara siswa pelaku dan siswa pengamat.
3)      Sering juga terjadi pasangan ini justru memantapkan suatu perilaku belajar yang sama, disebabkan mereka kurang memahami cara menafsirkan deskripsi gerakan atau pokok bahasan yang tertera dalam lembaran kerja.
4)      Kemungkinan guru itu sendiri mendorong perbuatan yang keliru, memberikan petunjuk yang berlebihan, atau menunjuk kriteria yang terlalu luas.

D. GAYA MENGAJAR PERIKSA SENDIRI (SELF CHECK) (D)
v Kelebihan
1)      Siswa lebih mandiri dan terampil melakukan sendiri
2)      Siswa tidak bergantung pada guru
3)      Siswa dapat menginstropeksi dirinya sendiri
4)      Siswa mengetahui letak kekurangannya
5)      Siswa termotivasi untuk memperbaiki kesalahan

v Kekurangan
1)      Siswa merasa paling benar diantara temannya
2)      Siswa malu mengungkapkan kekurangannya
3)      Siswa menafsirkan bahwa semua yang dilakukan benar


E. GAYA MENGAJAR INKLUSI (E)
v Kelebihan
1)      Siswa dapat mengetahui tingkat keterampilannnya
2)      Siswa dapat meningkatkan keterampilannnya secara bertahap
3)      Siswa tidak merasa minder dengan kemampuan yang dimiliki
v Kekurangan
1)      Siswa merasa bisa dan memilih tingkat level sesukanya
2)      Dimungkinkan siswa masuk pada kelompok yang tidak sesuai dengan tingkat keterampilannnya
3)      Siswa yang berada di level atas merasa hebat daripada teman-temanya yang berada pada level di bawahnya.








DAFTAR RUJUKAN
Ubay. (2011). Macam Macam Gaya Mengajar Penjas. (Online) (http://ubaythereds.blogspot.com/2011/04/gaya-mengajar-penjas.html). Diakses tanggal 23 Februari 2013
Nurhidayat. (2010). Gaya Mengajar. (Online) (http://thelapanbelazmei.blogspot.com/2012/10/gaya-mengajar.html). Diakses tanggal 23 Februari 2013
Alam. (2011). Metode Latihan (Drilling). (Online) (http://fatihalam.blogspot.com/2011/11/metode-latihan-drilling.html). Diakses tanggal 23 Februari 2013



2 komentar:

  1. Sering kalah dalam bermain sabung ayam ataupun game lainya?
    Jangan khwatir kawan mari join bersama kami di BOLAVITA

    Dijamin HOKI

    Info Lebih lanjut
    WA:0812 2222 995

    BalasHapus
  2. Kelebihan dan kekurangan gaya inisiasi

    BalasHapus