KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/ MADRASAH
TSANAWIYAH (MTs)
KELAS VII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama
yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga,
dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan
sesudah pelajaran.
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal
dengan hasil akhir.
c.
Membiasakan berperilaku baik dalam
berolahraga dan latihan.
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung
jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.3
Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan
kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5
Toleransi dan
mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6
Disiplin selama
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7
Menerima kekalahan dan kemenangan
dalam permainan.
2.8
Memiliki
perilaku hidup sehat.
|
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Memahami konsep keterampilan gerak fundamental permainan
bola besar.
3.2
Memahami konsep keterampilan gerak fundamental permainan
bola kecil.
3.3
Memahami konsep
keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan
cepat, lari, lompat, dan lempar).
3.4
Memahami konsep keterampilan gerak fundamental olahraga
beladiri.
3.5
Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran
jasmani yang terkait dengan kesehatan, dan pengukuran hasilnya.
3.6
Memahami konsep gabungan pola gerak dominan dalam bentuk rangkaian keterampilan dasar senam lantai.
3.7
Memahami konsep keterampilan gerak fundamental (langkah dan ayunan lengan) dalam bentuk rangkaian keterampilan
dasar aktivitas gerak ritmik.
3.8
Memahami konsep keterampilan dasar dua gaya renang yang berbeda.*
3.9
Memahami tindakan
P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain.
3.10 Memahami konsep gaya hidup sehat untuk
mencegah berbagai penyakit.
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.1
Mempraktikkan
teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental.
4.2
Mempraktikkan
teknik dasar permainan bola kecil dengan menekankan gerak dasar fundamental.
4.3
Mempraktikkan
teknik dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) menekankan gerak
dasar fundamentalnya.
4.4
Mempraktikkan
teknik dasar olahraga beladiri dengan menekankan gerak dasar fundamentalnya.
4.5
Mencoba mengukur komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan
dan keterampilan berdasarkan norma instrumen yang digunakan.
4.6
Mempraktikkan
gabungan pola gerak dominan menuju teknik dasar senam lantai.
4.7
Mempraktikkan
aktivitas pola gerak melangkah dan irama gerak dalam aktivitas gerak.
4.8
Mempraktikkan
satu atau dua teknik dasar gaya renang dengan koordinasi yang baik dengan
jarak tertentu.
4.9
Mencoba mempraktikkan tindakan P3K
pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain.
4.10
Mencoba menerapkan konsep gaya
hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit.
|
KELAS VIII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati dan
mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani,
permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a.
Pembiasaan
perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal
dengan hasil akhir.
c. Membiasakan
berperilaku baik dalam
berolahraga dan latihan.
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1
Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung
jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.3
Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan
kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik .
2.5
Toleransi dan
mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6
Disiplin selama
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7
Menerima kekalahan dan kemenangan
dalam permainan.
2.8
Memiliki
perilaku hidup sehat.
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan
permainan bola besar.
3.2
Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan
permainan bola kecil.
3.3
Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan
salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar).
3.4
Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan
olahraga beladiri.
3.5
Memahami konsep
latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan keterampilan, serta pengukuran
hasilnya.
3.6
Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan
dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana.
3.7
Memahami konsep variasi keterampilan dasar aktivitas
gerak ritmik dalam bentuk rangkaian sederhana.
3.8
Memahami konsep keterampilan dua gaya renang berbeda.*
3.9
Memahami
prinsip-prinsip pencegahan terhadap bahaya seks bebas, NAPZA, dan obat
berbahaya lainnya, bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
3.10 Memahami konsep pola makan sehat, bergizi dan
seimbang.
3.11 Memahami manfaat jangka panjang dari partisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur.
3.12
Memahami metode untuk memonitor denyut jantung.
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.1
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan berbagai permainan bola besar dengan
koordinasi yang baik.
4.2
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan berbagai permainan bola kecil dengan
koordinasi yang baik.
4.3
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan
lempar) dengan koordinasi yang baik
4.4
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan olahraga beladiri.
4.5
Mempraktikkan
latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan keterampilan, serta pengukuran
hasilnya.
4.6
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan dasar senam lantai dalam bentuk
rangkaian sederhana.
4.7
Mempraktikkan
variasi keterampilan dasar aktivitas gerak ritmik dalam bentuk rangkaian
sederhana.
4.8
Mempraktikkan
keterampilan dua gaya renang dengan koordinasi yang lebih baik.*
4.9
Melakukan
tindakan pencegahan terhadap bahaya seks bebas, NAPZA, dan obat berbahaya
lainnya, bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
4.10 Menyajikan
hasil informasi berkaitan dengan pola makan
sehat, bergizi dan seimbang.
4.11 Menyajikan
hasil informasi berkaitan dengan manfaat jangka panjang dari partisipasi dalam aktivitas fisik secara
teratur
4.12 Menghitung
denyut jantung.
|
KELAS IX
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama
yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga,
dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan
sesudah pelajaran.
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal
dengan hasil akhir.
c. Membiasakan
berperilaku baik dalam
berolahraga dan latihan.
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana
dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar..
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan kerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas
fisik.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam
permainan.
2.8 Memiliki perilaku hidup sehat.
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Memahami konsep variasi dan
kombinasi keterampilan, serta peraturan yang dimodifikasi dalam permainan
bola besar.
3.2 Memahami konsep variasi dan
kombinasi keterampilan, serta peraturan yang dimodifikasi dalam permainan
bola kecil.
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi
keterampilan, serta peraturan yang dimodifikasi, dalam perlombaan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari,
lompat, dan lempar).
3.4 Memahami konsep variasi dan kombinasi
keterampilan, serta peraturan yang dimodifikasi dalam olahraga beladiri.
3.5 Memahami konsep penyusunan program pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait dengan
kesehatan secara
sederhana.
3.6 Memahami konsep variasi dan
kombinasi rangkaian gerak dasar senam yang lebih kompleks.
3.7 Memahami konsep variasi dan
kombinasi rangkaian aktivitas gerak ritmik yang lebih kompleks.
3.8 Memahami konsep gerak dasar
tiga gaya renang yang berbeda.*
3.9 Memahami peran aktivitas fisik, dan makanan bergizi dalam mengontrol berat badan, pencegahan penyakit, konsep diri, kinerja, dan pengurangan biaya perawatan kesehatan.
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
keterampilan ke dalam permainan bola besar secara lancar, terkontrol, dan
koordinatif.
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan ke dalam
permainan bola kecil secara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan ke dalam
perlombaan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar)
secara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan ke dalam
peragaan olahraga beladiri secara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.5
Mempraktikkan
penyusunnan dan latihan pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait
dengan kesehatan berdasarkan program yang disusun secara sederhana.
4.6 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
rangkaian gerak dasar senam yang lebih kompleks secara lancar, terkontrol,
dan koordinatif.
4.7
Mempraktikkan
variasi rangkaian aktivitas gerak ritmik yang lebih kompleks secara lancar,
terkontrol, dan koordinatif.
4.8 Mempraktikkan gerak dasar tiga gaya renang
yang berbeda.*
4.9 Menyajikan
informasi berkaitan peran aktivitas fisik, dan makanan bergizi dalam mengontrol berat badan, pencegahan penyakit, konsep diri, kinerja, dan pengurangan biaya perawatan kesehatan.
|
As claimed by Stanford Medical, It's really the ONLY reason women in this country live 10 years longer and weigh an average of 19 KG less than we do.
BalasHapus(And really, it is not related to genetics or some secret-exercise and EVERYTHING about "HOW" they are eating.)
BTW, What I said is "HOW", and not "what"...
TAP on this link to reveal if this quick quiz can help you unlock your real weight loss potential
Sering kalah dalam bermain sabung ayam ataupun game lainya?
BalasHapusJangan khwatir kawan mari join bersama kami di BOLAVITA
Dijamin HOKI
Info Lebih lanjut
WA:0812 2222 995